MTQ Tingkat Kecamatan Segera Mulai

Diterbitkan  Rabu, 05 / 09 / 2018 22:41 - Berita Ini Sudah :  186 Dilihat

PAMULANG-Jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX Tingkat Kota Tangerang Selatan pada 17-20 September, seluruh kecamatan harus melalui tahapan MTQ tingkat kecamatan. Dijadwalkan segera kecamatan-kecamatan mengelar MTQ.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangsel, Abdul Rojak menjelaskan, persyaratan bagi kecamatan mengikuti MTQ tingkat kota harus menyelenggarakan MTQ di tingkat kecamatan. Tujuannya untuk menyeleksi atau tahapan awal dalam mempersiapkan peserta akan tampil di MTQ tingkat kota pada 17-20 September mendatang.

“Maka ini wajib dilaksanakan oleh seluruh kecamatan, waktunya 7 hingga 14 September. Teknis pelaksanaanya masing-masing dari kecamatan intinya ada tahap seleksi terpilih yang terbaik agar bisa tampil di tingkat kota,” kata Rojak.

Sedangkan waktu pelaksananya, bisa satu atau dua hari. Dalam pelaksanaanya juga harus menampilkan seluruh cabang perlombaan yang akan ditampilkan di MTQ tingkat Kota. Hal ini agar para peserta sudah memahami tata cara dan seluruh tahapan penilaian dilakukan dewan hakim.

“Baik dibuka secara meriah, atau sederhana itu masing-masing kecamatan. Yang terpenting mereka melaksanakan kegiatan ini guna mematangkan para peserta agar mereka lebih mempersiapkan diri baik teknis dan mental,” tambah ia.

Sementara itu, satu kecamatan yang sudah melaksanakan MTQ tingkat Kecamatan adalah Pamulang. Kecamatan Pamulang yang juga tahun ini menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Kota Tangsel IX telah menyenggarakan MTQ tingkat kecamatan pada Rabu (5/9) di lingkungan perkantoran Pamulang.

Kendati cukup sederhana tidak dibuka secara mewah, pelaksanaan berjalan dengan lancar. Ada beberapa titik arena menjadi tempat seleksi para qori dan qoriah seperti di Aula Kecamatan Pamulang, Gedung PGRI Kecamatan Pamulang, Kantor Urusan Agama (KUA), gedung PKK dan lain-lain.

Camat Pamulang Deden Juardi menjelaskan, MTQ tingkat kecamatan ini bagian dari tahapan seleksi menuju MTQ Tingkat kota yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Sehubungan dengan dirinya sebagai tuan rumah, maka dilaksanakan lebih awal agar tidak menganggu persiapan panitia lokal.

“Hari ini (kemarin red) MTQ tingkat kecamatan kami melaksanakan untuk menyeleksi para peserta. Lebih kurang ada enam puluh peserta tampil di seluruh cabang perlombaan. Pelaksanaan dilakukan pagi hingga sore hari,” dijelaskan Deden Juardi.

Tahap berikutnya, ada pematangan atau pemantapan untuk mempersiapkan tampil dalam MTQ tingkat Kota. Para dewan hakim turut hadir menilai para peserta yang ikut dalam seleksi sesuai dengan penilaian dan standar pada umumnya.

Ketua LPTQ Kecamatan Pamulang Syarif Hidayat menambahkan, sedikitnya 36 dewan hakim terbagi beberapa cabang melakukan penilaian para peserta yang ikut seleksi. Dengan seleksi ini sudah diketahui siapa saja yang akan maju nanti meski ada kemungkinan besar bisa berubah.

“Secara kualitas cukup bagus sudah standar, tapi tidak menutup kemungkinan ada bongkar pasang. Kami tentu optimis dan berharap selain agar sukses dalam penyelenggaraan MTQ tingkat Kota Tangsel, sebagai tuan rumah juga ingin sukses mempertahankan juara yang sudah dua kali dipegang,” kata Syarif.

Pihaknya menengarai lawan-lawan terberat masih dipegang oleh Kecamatan Pondok Aren dan Kecamatan Serpong. Namun demikian, pihaknya optimis dapat berjuang mempertahankan gelar. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!