220 Ruta Masuk Target Susenas BPS

Diterbitkan  Kamis, 06 / 09 / 2018 22:05 - Berita Ini Sudah :  168 Dilihat

SETU-Saat ini tengah dilakukan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) awal hingga akhir September oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangsel. Warga diharapkan turut mendukung suksesnya sensus untuk memperoleh data yang akurat demi kepentingan pembangunan utamanya di Kota Tangsel.
Kepala BPS Tangsel, Achmad Widyanto menyampaikan saat ini tengah mengelar Susenas selama satu bulan awal hingga akhir September 2018. Susenas ini meliputi banyak hal, kemiskinan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, konsumi masyarakat dan lain sebagainya. Data ini dipergunakan untuk kepentingan pembangunan baik daerah maupun nasional.
“Karena cukup penting data yang dihimpun maka, jika ada data yang kurang tepat akan ditinjau ulang sampai akurat. Sampai hari ini sensus sudah masuk sekitar dua puluh persen hingga empat puluh persen,” katanya saat dihubungi.
BPS mengambil sampel terbagi dalam 22 blok di tujuh kecamatan 54 kelurahan. Masing-masing ada 10 rumah tangga yang disensus pengambilan data sehingga total sebanyak 220 rumah tangga (Ruta). Jumlah pencacah data ada 11 orang di tambah dengan pengawas atau pemeriksa sebanyak 6 orang. “Jadi totalnya ada tujuh belas orang,” tambah ia.
Hasil Susenas untuk mengetahui banyak hal, berkaitan sosial ekonomi. Tentu tidak mudah dalam mengumpulkan data bagi petugas pencacah khususnya saat menyambangi perumahan mewah. Tanggapan dari pemilik rumah beragam. Namun pada dasarnya bukan karena sulit karena ada rasa takut dan tidak percaya melainkan waktu mereka cukup sibuk.
“Memang ada saja warga yang sulit dimintai waktu saat dilakukan sensus ketakutan dan lain-lain. Namun tidak sedikit pula, karena waktu mereka sibuk maka kami mensiasati hari libur seperti Sabtu dan Minggu,” tuturnya.
Pihaknya meminta kepada masyarakat agar mendukung program Susenas tahun 2018 ini dengan memberikan data yang akurat. Dengan dukungan memberikan data yang akurat maka mendukung pula program pemerintah untuk pembangunan lebih baik kedepan meliputi berbagai aspek.
“Kami berharap masyarakat Tangsel turut mensukseskan Susenas ini kepada petugas pencacah memberikan data dan informasi untuk mendukung pembangunan secara nasional dan daerah. Hasil sensus ini untuk pengambil kebijakan karena dapat dilihat dari masing-masing komponen, seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan dan sebagainya,” harap ia.
Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menyampaikan dukungan Pemkot Tangsel sudah cukup kuat agar masyarakat terbuka tidak sulit saat petugas BPS datang. Hal ini sudah berkali-kali di sampaikan oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany kepada para camat dan lurah saat mengelar rapat bersama.
“Dalam beberapa kali pertemuan Ibu Walikota dengan para camat dan lurah sudah disampaikan permintaan untuk membantu pelaksanaan Susenas dimaksud. Apabila masih didapati kendala di lapangan, petugas sensus agar berkoordinasi dengan camat dan lurah setempat,” ujar Benyamin. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!