Bulan Pemuda Berlaku Selama Oktober

Diterbitkan  Jumat, 07 / 09 / 2018 22:44 - Berita Ini Sudah :  179 Dilihat

CIPUTAT- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Selatan pada Oktober per tahun ini mencanangkan Bulan Pemuda. Even besar selama satu bulan penuh akan digelar dalam Bulan Pemuda tersebut. Berbeda pada tahun lalu, ada even dinamakan Pekan Pemuda sebagai puncak kemeriahan.

Pemberlakukan Bulan Pemuda, menurut Kepala Dispora Tangsel Wiwi Martawijaya, bagian dari keinginan mengelorakan eksistensi pemuda di Kota Tangsel. Disebut Bulan Pemuda, sebab acara digelar selama satu bulan dan puncaknya pada 28 Oktober sebagai lahirnya sumpah pemuda.

“Bulan Oktober adalah bulan pemuda. Tahun lalu (2017) kami membuat gerakan yang dinamakan Pekan Pemuda, acaranya hanya satu pekan. Tahun ini saya ingin  berbeda dari sebelumnya yaitu, bulan pemuda dilaksanakan awal hingga akhir Oktober,” kata Wiwi.

Berbagai kegiatan bakal mengisi bulan pemuda misalnya, kemah bakti pemuda, perlombaan pilar kebangsaan. Supaya meriah selama satu bulan penuh organisasi kepemudaan (OKP) di Tangsel akan digandeng, termasuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Gaung bulan pemuda menjadi target utama Dispora Kota Tangsel.

“Selama ini gaungnya belum begitu menggelegar, kami ingin ini menjadi awal untuk selanjutnya diadakan dengan sekala besar. Banyak kegiatan tapi secara parsial sehingga kurang maksimal, tapi jika seluruh pemuda digabungkan akan menjadi satu kekuatan,” tambah Wiwi.

Berbagai OKP akan dilibatkan dalam kepesertaan dalam helatan selama satu bulan penuh ini, seperti festival sepakbola antar OKP, senam jantung sehat pemuda,  bersama para pemuda dan OKP se-Tangsel. Menambah wawasan kewirausahaan, bakal ada ratusan pemuda dibekali manajemen kewirausahaan melalui pelatihan.

Jambore pemuda, temu wicara dengan para pemuda mengenai kepeloporan pemuda, serta pembinaan cabang olahraga prestasi di tingkat daerah untuk kejuaraan SD hingga SMP juga digelar.

Sedangkan untuk lokasi acara dilaksanakan di bebagai titik, baik di Puspem, Situ Gintung, Tandon Ciater dan lain-lain.

“Kami juga melibatkan antar OPD untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini seperti Dinas Pariwisata dan Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan dan lain-lain, sekolah SD dan SMP,” tuturnya.

Namun sebelum masuk pada rangkain kegiatan sebagaimana dijelaskan di atas, akan diawali dengan lauching Bulan Pemuda berlangsung di Kecamatan Pondok Aren tepatnya Minggu (30/9) pukul 07.00 WIB dengan tema “Lomba Gerak Jalan Dalam Rangka Hari Olahraga (Haornas) dan Pencanangan Bulan Pemuda Kota Tangsel”.

Bagi para OKP, pemuda dan pelajar diharapkan untuk mendaftarkan segera pada 7-17 September di Kantor Dispora, Gedung 3 lantai 3 Pusat Pemerintahan Kota Tangsel, Jalan Maruga 1, Ciputat Kota Tangsel setiap jam kerja.

Kategori kepesertaan usia 16-30 tahun, per kelompok berisi 16 orang. Pihak penitia menyediakan total hadiah Rp 12.70.000. Juara satu Rp 4 juta, juara dua 3 jtua, juara tiga 2 juta dan juara harapan 1, 2 dan 3 uang berikut piala. Gerak jalan ini bakal menempuh jarak kurang lebih lima kilometer.

“Semoga semarak semakin meriah. Kota Tangsel sebagai kota layak pemuda harus diisi dengan agenda besar sebagai bukti pemerintah mendukung terwujudknya Kota Layak Pemuda yang sudah diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga,” harap Sekretaris Dispora Kota Tangsel, Chaerudin. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!