Kemenag Salurkan ZIS Baznas

Diterbitkan  Jumat, 07 / 09 / 2018 22:45 - Berita Ini Sudah :  208 Dilihat

SERPONG-Zakat, Infak, dan Shodaqoh (ZIS) pegawai Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan diserahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tangsel sebesar Rp 58.983.027. Kebijakan ini sudah tertuang dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Acara penyerahan berlangsung di Aula Kantor Kemenag Kota Tangsel baru-baru ini oleh Kepala Kantor Kemenag, Abdul Rojak kepala Kepala Baznas Kota Tangsel, KH Endang Saefudin.

Abdul Rojak, menjelaskan, pengumpulan dana ZIS bukanlah hal baru, sebab  telah tertuang pada UU 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Diperkuat pada Peraturan Pemerintah nomor 14 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Zakat, Inpres 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat dan Permenag 52 Tahun 2014 tentang Syarat dan Tata Cara Perhitungan Zakat Mal dan Zakat Fitrah.

“Apa yang kami lakukan ini bukanlah hal baru. Untuk lebih mengaktualisasikan potensi dana zakat yang besar, maka potensi yang dimiliki ASN muslim bisa dioptimalkan dengan baik. Memang tidak ada kewajiban, tapi kami memfasilitasi para ASN Kemenag Tangsel untuk menunaikan ibadah dengan menyisihkan pendapatannya,” katanya.

Kendati baru tahap awal, Kemenag Tangsel menyerahkan ZIS seluruh pegawai sebesar Rp. 58.983.027. Hal ini tentu ada upaya agar seluruh pegawai rela mengeluarkan amal jariyah, baik zakat, infak dan lain-lain untuk dikumpulkan diserahkan kepada Basnas. Hasil pengumpulan zakat dan lain-lain dapat dipergunakan kemaslahatan masyarakat.

“Ini baru tahap awal, mohon doanya semoga seluruh pegawai Kemenag Tangsel diberi kemauan yang kuat untuk mengeluarkan Zakat, Infak, dan shodaqohnya kepada Baznas Tangsel,” tambah Rojak.

Ini baru satu instansi, jika seluruh instansi pemerintah di Tangsel sadar secara rutin mengumpulkan lalu diserahkan ke Baznas, berdampak masyarakat turut sejahtera. Masyarakat tidak mampu mendapatkan bantuan, bedah rumah, beasiswa anak tidak mampu serta berprestasi, pembangunan masjid dan musola.

“Semoga upaya ini memantik semangat instansi lain berlomba-lomba menyalurkan zakat, infak, sodaqoh dan lain sebagainya mewujudkan masyarkat sejahtera,” tukasnya.

Ketua Baznas Tangsel, KH Endang Saefudin mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Tangsel yang telah berhasil mengumpulkan dana ZIS dari para Pegawai Kemenag Tangsel.

“Baru di zaman Kepala Kantor bapak Abdul Rojak dana ZIS dari pegawai Kemenag Tangsel bisa dikumpulkan. Semoga ke depan pengumpulan dana ZIS dari Kemenag Tangsel bisa lebih meningkat lagi,” ujar KH Endang. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!