Bawaslu Endus Kampanye di Medsos Masif

Diterbitkan  Selasa, 11 / 09 / 2018 22:54 - Berita Ini Sudah :  151 Dilihat

CIPUTAT- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan melakukan pengawasan dan pencegahan pelanggaran kampanye sebelum memasuki masa tahapan kampanye yang sah yaitu pada 23 September ini. Pihanya mendeteksi kampanye di media social (medsos) sudah marak.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel, Muhamad Acep menyebutkan kampanye di media sosial sudah jauh lebih gencar dibandingkan dnegan alat peraga kampanya di luar ruangan.

Bahkan, ungkap Acep, belum lama ini pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat terkait beberapa Bakal Calon legislatif (Bacaleg) yang melakukan kegiatan kampanye di media sosial.

“Ada beberapa laporan, namun saat ini masih teguran saja, karena dalam aturan kan mereka itu belum ditetapkan sebagai caleg tetap, sementara peserta pemilu itukan Caleg yang telah ditetapkan oleh KPU, jadi sifatnya teguran. Tapi memang harus kita akui bahwa kampanye di medsos itu jauh lebih masif dibandingkan luar ruang,” ungkapnya.

Untuk kampanye di medosos nanti pun, dia meminta bersama-sama masyarakat ikut mengawasi. Dengan melaporkan jika dalam aktifitas kampanye di media sosial itu masuk dalam unsur pelanggaran.

“Selama ini yang kami lihat, materi kampanyenya masih normatif, tidak terlalu tendisius apa lagi masuk dalam katagori kampanye fitnah. Jadi kami juga meminta kepada masyarakat pun ikut serta mengawasi,” ungkapnya.

Acep berharap agar seluruh simpatisan, Bacaleg, serta partai politik peserta pemilu dalam kegiatan kampanye media sosialnya tidak mengandung unsur fitnah dan SARA.

“Kita berharap agar kampanye-kampanye yang dilakukan nanti benar-benar memberikan pendidikan politik yang positif bagi masyarakat. Tidak ada itu unsur fitnah dan SARA,” ujarnya.

Sedangkan untuk tahapan kampane sendiri, Anggota KPU Kota Tangsel, Ade Wahyu Hidayat, mengatakan, berdasarakan pasal 267 ayat 2 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 sudah jelas kampanye dilakukan serentak.

“Dilakukan serentak, setelah tiga hari ditetapkannya Daftar Caleg Tetap (DCT) oleh KPU, jadi mulai partai, Caleg, dan juga calon DPD, serta Calon Presiden dan Wakil Presiden pun kampanyenya serentak,” paparnya.

Ade meminta saat ini para peserta pemilu bersabar terlebih dahulu agar tidak melakukan aktifitas kampanye di luar waktu. “Mulai dari medos dan pemasangan APK, lebih baik bersabar terlebih dahulu,” pungkasnya. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!