Dua Ormas Bersitegang di Depan Pamulang Square

Diterbitkan  Selasa, 11 / 09 / 2018 22:55 - Berita Ini Sudah :  267 Dilihat

PAMULANG- Dua kelompok Organisasi Masyarakat (Ormas) nyaris bentrok di Jalan Siliwangi, Kelurahan Panulang Barat, Kecamatan Panulang, tepatnya persis di depan Pamulang Square, tadi malam. Kedua kelompok beda bendera Ormas tersebut bersitegang di depan Pamulang Square ditengarai imbas bentrok dari sejumlah daerah yaitu Kreo, Ciledug, Kota Tangerang dan Gandaria City Jaksel.

Di jalan protokol Tangsel, aksi kedua kelompok tersebut membuat resah masyarakat sekitar lokasi lantaran masing-masing menggunakan kayu dan benda berbahaya lainnya.

“Ada yang nyerang, sudah lempar-lempar batu. Untung aja ada polisi jadi gak sempat bentrok tawuran gitu. Langsung dilerai sama polisi,” tutur seorang saksi sambil menjelaskan keributan tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

Pantauan Tangsel Pos di lokasi, sekitar pukul 19.30 WIB. Puluhan personel kepolisian dari Polres Tangsel terlihat masih berjaga-jaga di lokasi kejadian.

Terlihat juga masih ada beberapa orang dari salah satu kelompok ormas yang sedang berjaga di salah satu lahan milik perusahaan swasta.

Sekitar pukul 20.00 WIB beberapa kelompok ormas itu pun sudah membubarkan diri, setelah kepolisian memastikan lokasi telah aman.

Kapolsek Pamulang Kompol Endang Sukmawijaya, mengatakan, bahwa keributan antar dua kelompok ormas itu hanya karena terjadi kesalahpahaman komunikasi saja. Dia juga menegaskan bahwa keributan kemarin sore itu nyaris bentrok, belum sempat terjadinya bentrok antar kedua kelompok ormas.

“Tadi nyaris bentrok, belum bentrok. Karena petugas kami sudah berjaga-jaga terlebih dahulu di lokasi, sehingga keributan itu bisa ditindak cepat sebelum terjadinya bentrokan,” ungkapnya.

Kompol Endang juga mengatakan, bahwa kepolisian dari Polres Tangsel sebelumnya juga sudah mengantisipasi dan berjaga-jaga karena sebelumnya ada acara salah satu kelompok ormas.

Dia juga menyebutkan, acara salah satu ormas mulai dari hari pertama sampai hari kemarin, tidak ada gesekan apa-apa. Namun tidak tahu kenapa di hari terakhir, menurut Kompol Endang, ada kesalahpahaman komunikasi hingga menyebabkan dua ormas nyaris bentrok.

“Jadi ini kan ada acara Milad salah satu kelompok ormas selama tiga hari kemarin, dan kami dari Polres Tangsel berdasarkan perintah langsung Pak Kapolres sudah mengantisipasi. Dengan meletakan dan mengawal iring-iringan ormas ini,” paparnya.

Kompol Endang juga mengatakan, pihaknya telah melakukan mediasi antar kedua kelompok hingga masalah disebutnya sudah selesai.

“Dan sudah kita mediasi, tapi pimpinan kedua kelompok sudah kita panggil dan sekarang sudah selesai. Jadi yang di bawah-bawah ini hanya salah paham saja,” paparnya.

 

Dia juga menghimbau kepada seluruh kelompok ormas yang ada di Tangsel agar lebih mengutamakan penyelesaian kekerabatan dan kekeluargaan.

“Kami imbau juga kepada semua ormas yang ada, agar bersama-sama menjaga kondusivitas Tangsel dengan baik. Jika ada persoalan maka utamakan penyelesaian kekerabatan dan kekeluargaan. Jangan sampai menyebabkan bentrok dan meresahkan masyarakat,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!