173 Rumah di Dua Kecamatan Bakal Dibedah

Diterbitkan  Rabu, 12 / 09 / 2018 22:39 - Berita Ini Sudah :  136 Dilihat

PAMULANG-Tahun ini, kecamatan Pamulang dan Ciputat Timur, Kota Tangsel bakal menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)  dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumanan Rakyat (Kemen PU PR). Bantuan tersebut atas usulan aspirasi dari anggota DPR RI.

Kabid Permukiman, pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan  (DPKPP) Kota Carsono menyampaikan, bantuan bedah rumah rusak ringan di dua kecamatan yaitu sebanyak 173 rumah. Program ini langsung ditangani oleh Kemen PU PR, turunannya pada tingkat Provinsi Banten ditangai langsung Dinas Perumahan Rakyat. Sedangkan untuk di masing-masing kabupaten/kota ada satuan kerja (Satker).

“Benar tahun ini ada dua kecamatan, Pamulang dan Ciputat Timur memperoleh bantuan pembangunan rumah sebesar lima belas juta satu per rumah. Prioritasnya untuk perbaikan, bukan rusak ringan, bukan rusak berat,” katanya.

Dari 173 titik rumah kemungkinan akan berkurang, sebagaimana saat ini masih dalam tahap verifikasi mana yang masuk kreteria dan tidak. Tim verifikasi diminta untuk betul-betul selektif sesuai kriteria penerima bantuan, jika rusak berat jangan sampai dimasukan khawatir nanti dananya tidak cukup kemudian masyarakat komplen kepada pemerintah.

Kondisi itu telah diwanti-wanti kepada petugas lapangan verifikasi data supaya tidak tumpang tindih dengan program bedah rumah Pemkot Tangsel dengan biaya per titik jauh lebih besar. Mengapa nilainya selisih jauh? Karena Pemkot Tangsel menangani rusak berat atau rumah tidak layak, sedangkan BSPS menggarap rumah rusak ringan.

“Petugas harus memperhatikan betul apa yang rusak, jika genteng ya harus genteng saja yang diganti, atau genteng dengan tembok. Jadi jangan sampai dibongkar, karena tidak cukup. Hal lain yang perlu diperhatikan apakah rusak ringan ini tidak layak huni atau masih layak. Jika masih layak sebaiknya jangan dirombak,” pesannya.

Pemkot Tangsel menerima bantuan BSPS dengan senang hati. Pasalnya masih banyak rumah rusak sedang di Tangsel sementara selama ini belum tertangani sepenuhnya. Pemkot Tangsel masih menangani rumah-rumah tidak layak huni dalam kondisi berat. “Yang pasti sangat membantu sekali dalam program berdah rumah. Mengapa karena rumah-rumah rusak ringan belum tersentuh oleh kami. Kami masih fokus pada rumah-rumah rusak berat,” beber Carsono.

Lurah Cirendeu Ciputat Timur, Win Fadlianta usai menggelar sosialiasi kepada masyarakat soal program BSPS ini mengungkapkan, Cirendeu bakal mendapatkan bantuan 18 titik rumah. Hanya saja, masih diverifikasi terlebih dahulu sebelum ada pembangunan.

“Berdasarkan catatan data ada delapan belas rumah yang akan memperoleh BSPS. Kami telah menggelar sosialisasi kepada masyarakat tentang program ini,” kata Win.

Program bedah rumah ringan ini sangat membantu masyarakat yang ingin rumahnya bagus dan layak. Masyarakat diajak untuk gotong royong jika ada warga di lingkungan mendapatkan program bedah rumah. “Selain ada perogram bedah rumah dari Pemkot Tangsel, sekarang ada program dari pusat. artinya semakin cepat menyelesaikan rumah-rumah yang perlu diperbaiki oleh pemerintah bagi masyarakat kurang mampu. Kami berterima kasih dengan program ini semoga berjalan lancar,” pesannya.

Uforia masyarakat terlihat usai mendengar kabar rumahnya akan mendapat bantuan untuk diperbaiki. Diharapkan bantuan tepat sasaran dalam menyalurkan kepada masyarakat. (din)

 

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!