Badal Haji Setiap Tahun Pasti Ada

Diterbitkan  Rabu, 12 / 09 / 2018 22:39 - Berita Ini Sudah :  198 Dilihat

SERPONG-Bagi orang yang telah meninggal atau orang yang sakit parah tidak bisa pergi haji, bisa melakukan badal haji. Badal bersinonim menggantikan, sehingga ingin membadalkan haji orangtua yang sudah meninggal hukumnya dibolehkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangsel, Abdul Rojak mengungkapkan, diperbolehkan bagi masyarakat yang ingin membadalkan haji orangtua yang sudah meninggal atau memang sakit dan tidak mampu berangkat ke tanah suci Mekah, bisa melakukan badal. Jika orangtua tidak mampu pergi haji akibat sakit sudah ada keterangan oleh dokter, bisa dibadalkan.

“Dengan catatan tidak ada istithoah dalam bidang kesehatan, boleh dibadalkan misalkan lumpuh atau sakit meski kondisinya hidup,” kata Rojak.

Setiap tahun diprediksi ada badal haji. Hanya saja tidak terdeteksi berapa jumlahnya, karena itu bukan bagian dari pelayanan pemerintah, tapi lebih bersifat personal. Termasuk tidak ada tarif berapa besaran biaya badal haji.

“Badal haji bersifat lebih personal bukan dicatat atau diurus oleh pemerintah, maka tidak ada catatan berapa tahun ini badal haji dilakukan,” tambah ia.

Meski demikian, dipastikan badal haji selalu ada. Namun biasanya antar personel seperti ke pimpinan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), para tokoh dan lain-lain. Badal haji dapat dilaksakan yang terpenting memenuhi syarat utamanya harus sudah pernah pergi haji lebih dahulu yang akan membadalkan.

“Syarat badal haji orangnya pernah pergi haji yang membadalkan tidak boleh orang yang baru berangkat pergi haji membadalkan,” tambah ia.

Lebih abdol badal haji dilakukan oleh satu orang satu jamaah meski ada pendapat ulama bahwa badal haji bisa dilakukan secara berjamaah atau orang banyak dilakukan satu orang. Badal haji juga tidak ada tarif besaran rupiah. “Satu orang membadalkan satu, tidak boleh lebih dari itu. Jadi satu tahun hanya membadalkan satu saja,” imbuhnya. (din)

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!