Parpol Juga Harus Berikan Edukasi Politik Yang Sehat


Jangan Hanya Sibuka Kampanye

Diterbitkan  Rabu, 12 / 09 / 2018 22:12 - Berita Ini Sudah :  168 Dilihat

SERPONG-Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang diselenggarakan serentak ini, tentunya membuat partai politik akan lebih ekstra lagi dalam mengkapampanyekan partainya. Demikian para Bacaleg dan juga Calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusung.
Bahkan dalam perhelatan Pemilu 2019 kali ini, tidak sedikit juga kader-kader yang berkampanye dengan terlalu berlebihan, sehingga menghilangkan pendidian politik dalam kegiatan kampanyenya tersebut.
Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, M Zaki Mubarak, mengatakan partai jangan sampai lupa pula pada tugas utamanya yaitu meberikan edukasi politik yang positif kepada masyarakat.
“Tugas lain dari partai ini kan memberikan edukasi politik kepada masyarakat, jangan sampai tugas ini hilang hanya karena sibuk mengatur strategi kemenangan dan kampanye,” ujarnya.
Lebih lanjut Zaki mengatakan, bahwa dalam tahun politik ini parpol juga harus bisa memberikan pesan-pesan politik yang damai terhadap masyarakat, agar masyarakat mendapatkan pendidikan politik yang positif.
“Jangan sampai masyarakat justru terprovokasi pula dalam tahun poliitik ini, di sinilah tugas dari partai politik memberikan pesan damai kepada masyarakat. Bahwa politik itu sebenarnya bertujuan positif,” paparnya.
Misalnya lanjut Zaki, dalam kegiatan kampanye yang dilakukan partai politik, jangan hanya mengajak untuk memiliih calon presiden yang diusung saja, tetapi juga mengajak masyarakat agar tidak Golput.
Dan untuk mengajak masyarakat agar tidak Golput ini, tentunya partai pun harus memberikan pendidikan bahwa hasil dalam prosesi pesta demokrasi ini adalah bertujuan untuk mengatur negara ini jauh lebih baik lagi.
“Masyarakat harus diberikan gambaran tentang pentingnya terlibat langsung dalam pesta demokrasi ini, agar tidak ada lagi Golput,” ungkapnya.
Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro, mengatakan bahwa peran partai politik juga sangat penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ajang Pemilu 2019 nanti.
“Tugas kami hanya memastikan masyarakat terdaftar sebagai pemilih, dan mensosilsiasikan perhelatan ini. Sehingga kami juga butuh peran partai untuk mengajak masyarakat datang ke TPS dan gunakan hak pilihnya untuk meningkatkan partisipasi pemilih di 2019 ini,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!