Ganespa-BPBD Tingkatkat Sinergitas

Diterbitkan  Kamis, 13 / 09 / 2018 20:17 - Berita Ini Sudah :  198 Dilihat

SERPONG-Pembangunan sebuah kota tidak mungkin hanya dilakukan pemerintah semata. Perlu ada kerjasama dengan lintas sektoral seperti Organisasi Kepemudaan (OKP) Gugusan Alam Nalar dan Ekosistem Pemuda (GANESPA) siap berkontribusi dengan pemerintah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi dinas yang akan difokuskan.
Ketua Umum OKP GANESPA, Dodi Haryanto usai mengelar audiensi dengan BPBD Kota Tangsel, kemarin Kamis (13/9) menyampaikan kesiapan untuk selalu memberikan kontribusi kepada pemerintah. mengingat fokus kegiatan soal alam, baik air, lingkungan lain sebagainya maka Ganespa tidak akan sungkan untuk mendukung penguatan.
“Kami akan kerjasama dalam berbagai hal, baik soal pelatihan kepada personel BPBD dalam segi penolongan. Karna anggota Ganespa juga ada yang telah mempunyai sertifikat vertikal rescue sama water rescue mudah-mudahan potensi yang kita punya dapat membantu program BPBD,” kata Dodi.
Keberhasilan pemerintah diperkuat oleh personel yang mumpuni secara teori ilmu dan praktik di lapangan apalagi BPBD yang sering berhadapan langsung tentang penanganan bencana, baik banjir, kekeringan, gempa dan bencana lain. BPBD tentu telah menyiapkan personel-personel tangguh, terampil di lapangan dan Genespa siap membantu.
“Seperti instruktur dan lain-lain siap membantu BPBD di lapangan. Kita juga akan menawarkan beberapa program pelatihan yang nantinya bisa diikuti oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan anggota Ganespa,” sambung ia.
Sebetulnya dalam hal memperdalam keterampilan pertolongan telah berlangsung sejak lama digelar. Sekitar tahun 2011 Situ Tujuh Muara Pamulang di markas Ganespa tentang water rescue. Hanya saja perlu dukungan peralatan memadahi dalam membelaki personel TRC BPBD supaya lebih omtimal hasil latihan.
“Kalau untuk masalah pelatihan Ganespa sudah sering melakukan kerjasama semenjak BPBD ada tahun 2011. BPBD sering melakukan latihan water rescue untuk tim TRC di sekretariat kita,” tukasnya.
Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangsel, Chaerudin menyambut baik kehadiran teman-teman Ganespa yang selama ini komitmen dalam gerakan alam termasuk fokus dalam kemanusiaan. Tentu BPBD dengan senang untuk terus bersinergi bersama untuk terus ditingkatkan lagi yang selama ini sudah berjalan .
“Karena selama ini BPBD dan GANESPA sudah lama bersinergi dengan baik dalam setiap kegiatan kemanusiaan,” dijelaskan Chaerudin, di kantor BPBD kawasan BSD Serpong.
Menurutnya, setiap saat kedua lembaga ini selalu saling bahu membahu menolong warga sekitar yang menjadi korban bencana alam. Seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, pohon tumbang dan lain sebagainya.
“Saya ingin kritik, saran dan ide program yang disampaikan dikemas secara konstruktif. Kalau bukan Ganespa siapa lagi yang mau peduli sama wilayahnya,” sarannya.
Selain Chaerudin, hadir juga Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Muhamad Nur, serta Kepala Seksi Kesiapsiagaan Urip Supriatna. Acara ramah taman sekaligus memperkenalkan pengurus yang baru pasca terselenggaranya Musyawarah Besar (Mubes) ke-VI di puncak beberapa waktu lalu. Dodi terpilih secara aklamasi. Dodi sebelumnya menjabat dewan penasehat Ganespa kemudian terpilih sebagai ketua Ganespa. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!