Pamulang Siap Memepertahankan Gelar Juara


MTQ Tingkat Kota Tangsel ke-IX Dibuka Senin ini

Diterbitkan  Kamis, 13 / 09 / 2018 20:17 - Berita Ini Sudah :  157 Dilihat

PAMULANG-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Tangsel ke IX sebentar lagi digelar. Senin (17/9) pawai taaruf dibuka melibatkan 11 ribu orang terdiri dari anak, remaja hingga orangtua star pukul 08.00 WIB. Kecamatan Pamulang komitmen mensukseskan acara termasuk mempertahankan gelar juara untuk ketiganya.
Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangsel, H Muhamad menyampaikan pentingnya mensukseskan acara MTQ ke IX tingkat Kota Tangsel ini agar syiar Islam terus mengema di masyarakat. Tuan rumah Pamulang bersama seluruh masyarakat Tangsel mendukung terlaksananya acara agar lancar tidak ada hambatan.
“Mari kita sukseskan acara syiar Islam melalui MTQ yang kesembilan. Dengan MTQ semoga kecintaan akan al Quran semakin baik bagi masyarakat Tangsel sesuai dengan motto cerdas modern dan religius. Ini salah satu upaya mewujudkan moto itu,” pesannya saat rapat terakhir di Aula Kecamatan Pamulang pada Senin (10/9).
Semarak MTQ perlu dibangkitkan, masyarakat perlu memeriahkan. Meski sudah terlihat banyak spanduk pengumuman acara MTQ yang sudah terpasang tapi partisipasi semua lembaga dan masyarakat harap dibangkitan agar kegiatan MTQ ini tidak hanya di lingkungan acara tapi dapat dirasakan seluruh masyarakat Tangsel.
Turut hadir, Ketua harian LPTQ Tangsel, KH Sobron Zayyan, Sekretaris LPTQ Tangsel, Abdul Rojak, Ketua Umum LPTQ Tangsel, H Muhamad, tuan rumah MTQ ke IX Tangsel, Camat Pamulang Deden Juardi, Ketua LPTQ Kecamatan Pamulang, Syarif Hidayat, para tokoh alim ulama, perwakilan para camat se Tangsel, dan unsur organisasi perangkat daerah.
Camat Pamulang Deden Juardi sebagai tuan rumah, memastikan akan bekerja keras dalam mensukseskan MTQ yang ke IX ini. satu kebanggan bila acara sukses, tidak ada hambatan dan kekurangan. Di sisi lain tak hanya ingin sukses acara selama empat hari (17-20/9) saja tapi perlu mensukseskan kompetisi dalam ajang lomba mempertahankan juara untuk menjadi yang ke ketiga.
“Tentu target mensukseskan penyelenggaran sebagai tuan rumah untuk memberikan yang terbaik untuk Tangsel dan kafilah-kafilah selain Kecamatan Pamulang. Rasanya kurang pas hanya penyelenggaran saja tapi kami juga harus mempertahankan juara selogan Pamulang bisa Pamulang juara menjadi semangat kami,” kata Deden bersemangat.
Juara pertama ditebut saat MTQ tingkat Kota di Pondok Aren, kedua MTQ Tingkat Kota di Serpong dan ketiga ini di Kecamatan Pamulang sebagai tuan rumah tentu upaya keras mempertahankan juara agar berturut-turut tiga kali.
Segala persiapan di lapangan sudah matang, halaman arena utama tinggal menunggu pemasangan panggung. Termasuk 13 arena para kafilah tampil dari semua cabang perlombaan. Dari 13, 11 di antaranya berada di Kelurahan Pamulang Barat, dua di antaranya Kelurahan Benda Baru Masjid Al-Kautsar Vila Dago dan Pondok Benda Masjid An Nur.
Tempat pemondokan khafilah telah disipakan di tujuh titik di seputaran Pamulang tidak jauh dengan arena utama. Panitia lokal Kecamatan Pamulang semangaja menyediakan pemondokan dekat dengan arena utama supaya lebih mempermudah peserta menjangkau semua arena sehingga mobilitas akan lebih cepat.
Alus kendaraan, saat pelaksanaan pawai taaruf pun sudah diatur oleh Dinas Perhubungan dan jajaran Polsek Pamulang serta Polres Tangsel. jarak star pawai di Vila Dago kurang lebih 2 kilometer sampai pangung kehormatan dipastikan akan tertib. Satu jalur arah Utara dipergunakan peserta pawai, sedangkan jalur selatan untuk kendaraan dari Ciputat menuju Pamulang-Setu atau sebaliknya Setu menuju Pamulang Ciputat.
“Panggung kehormatan terletak di jalur Utara posisinya menghadap ke Kantor Kecamatan. kantong parkir sudah dikomunikasikan dengan Dishub menggunakan lahan kosong depan Pamulang Square dan ruko-ruko yang ada di Jalan Siliwangi,” tambah ia.
Sekretaris LPTQ Tangsel, Abdul Rojak menyampaikan seiring mendekati hari pelaksanaan dirinya bersama jajaran LPTQ akan meninjau lokasi acara. Meski titik-titik seperti pemondokan, arena-arena cang sudah dipstikan kesiapannya tapi untuk memastikan tetap turutn ke lapangan. “Jumat ini akan turun meninjau sifatnya kroscek saja karena sebelumnya sudah ditinjau,” ucap Rojak.
MTQ Pelajar
Disaat yang sama, MTQ Pelajar ke V pun digelar bertempat di MTS Negeri 1 Pamulang. pelaksanaan pawai taaruf akan digabungkan sedangkan untuk pelaksananya MTQ Pelajar pada hari Rabu-Kamis (19-20/9) dan acara penutupanya kembali digabungkan.
Ketua kordinator MTQ pelajar Kota Tangsel ke V, Mudiri. Ketua LPTQ Kecamatan Pamulang, Syarif Hidayat menyampaikan keikut sertaan siswa siswsi dalam berbagai cabang perlomban berasal dari semua tingkatan baik dari SD/MIN SMP/MTS dan SMA/MA. Jumlahnya cukup banyak mencapai ratusan anak per satu kecamatan 140 siswa untuk 11 cabang.
“Jumlahnya cukup banyak, semangat siswa-siswi diharapkan semakin meningakat mengikuti MTQ tingkat sekolah. karena mereka nantinya menjadi calon atau penerus pada MTQ regule atau umum,” kata Syarif kemarin di Kantor Urusan Agama (KUA) Pamulang.
Kendati waktunya hampir bersamaan dalam pelaksanaanya, seluruh dewan juri tidak sama dengan dewan juri MTQ reguler yang berlangsung di kecamatan. Dewan juri murni berdiri sendiri tidak terkiat. Tahun lalu, Pamulang juga memperoleh gelar juara MTQ pejalar. Tentu tahun ini harus mampu juara kembali. “Dewan hakim MTQ pelajar terbilang baru, meski begitu mereka sudah mendapatkan sertifikat dewan hakim. Ada empat puluh dewan hakim MTQ Pelajar,” imbihnya. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!