Retribusi Makam Capai 200 Juta Pertahun

Diterbitkan  Kamis, 13 / 09 / 2018 21:22 - Berita Ini Sudah :  143 Dilihat

MEDIASI KELUARGA EMEN: Sekda Kota Tangerang Selatan Muhammad di dampingi Kepala Dinas Sosial Tangerang Selatan Wahyu memberikan keterangan serta menjawab pertanyaan dari Keluarga dari Korban tanjakan Emen saat di lakukannya mediasi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Anggota DPRD Tangerang Selatan di Kelurahan Pisangan, Ciputat, Kamis (13/9). Mediasi dengan pihak Pemkot Tangsel dan DPRD Tangsel tersebut untuk menanggih janji dari pihak pemkot Tangsel masalah janji yang belum terselsaikan kepada keluarga korban tanjakan Emen.

SERPONG-Jumlah target yang dipatok dari uang retribusi pelayanan jasa pemakaman di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencapai 200 juta. Minimnya pungutan retribusi diduga karena mayoritas status kepemilikan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang tersedia merupakan tanah waqaf.

“Target per tahun Rp 200 juta,” ungkap Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, Mukkodas Syuhada

Menurutnya, target di atas berasal dari tujuh lokasi TPU yang ada dan telah resmi dikelola oleh pemerintah daerah seyempat. Adapun titik lokasinya juga tersebar pada tujuh wilayah kecamatan di Kota Tangsel.

“Retribusi pemakaman per jiwa ditentukan oleh blok,” ujar Mukkodas yang juga merangkap tugas sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperkimta Tangsel.

Ia memaparkan rincian tarif retribusi yang disesuaikan dengan penempatan titik zonasi blok pemakaman. Di blok A dipatok retribusi sebesar Rp 250 ribu; blok B dikenakan tarif senilai Rp200 ribu.

Kemudian uang retribusi pemakaman di blok C dikenai tarif Rp 150 ribu, dan blok D Rp 100 ribu. “Dan ini untuk 3 tahun dan dapat diperpanjang tiap 3 tahun,” papar Mukkodas.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!