Hasil Perbaikan Pencermatan DPT


Ribuan Data Pemilih Ganda Ditemukan di Tangsel

Diterbitkan  Kamis, 13 / 09 / 2018 22:27 - Berita Ini Sudah :  135 Dilihat

SERPONG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangsel serta partai politik kembali melakukan pencermatan terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang belum lama ini telah ditetapkan.

Pencermatan itu dilakukan berdasarkan adanya rekomendasi dari Bawaslu RI, mengenai ada jutaan pemilih ganda di DPT di seluruh Indonesia. Oleh karenanya untuk tingkat kota seperti Kota Tangsel pun harus melakukan perbaikan kembali.

Rapat pleno DPT Hasil Perbaikan tersebut digelar di Sekretariat KPU Kota Tangsel, Serpong, kemarin itu dan disaksikan oleh Liaison Officer (LO) semua partai politik tingkat Kota Tangsel.

Alhasil, dari hasil pencermatan KPU Kota Tangsel ditemukan sebanyak 5814 pemilih dinyatakan pemilih ganda. Dari 5814 itu dicermati ulang menjadi 3881 pemilih ganda.

Dari 3881 pemilih ganda tersebut, KPU Tangsel pun melakukan perbaikan hingga harus menghapus sebanyak 1879. Dalam pleno itu pun tidak hanya menghapus pemilih ganda, tetapi juga ada pemilih tambahan sebanyak 149 pemilih tambahan hasil perbaikan.

“Setelah kami lakukan pencermatan dan perbaikan selama 10 hari kerja ini, akhirnya kami plenokan jumlah DPT Hasil Perbaikan sebanyak 839.464. Sedangkan sebelumnya jumlah DPT yang kami tetapkan beberapa waktu lalu yaitu sebanyak 841.194. Jadi ada pengurangan jumlah pemilih setelah dilakukan perbaikan ini,” ujar Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro.

Bambang mengatakan, data ganda yang ditemukan seperti adanya Nomor Indik Kepndudukan (NIK), Nama, serta data peribadi lainnya yang sama saat kembali ditelusuri oleh KPU.

“Dari rekomendasi ini, kami telusuri lagi, ada NIK,nama dan identitas lainnya yang sama, atau ganda. Dan itu yang langsung kami lakukan perbaikan,” ungkapnya.

Menanggapi adanya DPT Hasil Perbaikan tersebut, beberapa LO partai politik yang hadir berharap kedepannya tidak ada masalah lagi terkait data pemilih untuk Pemilu 2019 nanti.

LO DPD Partai Golkar Kota Tangsel, Taufikurahman berharap agar di Kota Tangsel untuk persoalan DPT tidak lagi ada masalah. “Semoga saja tidak ada masalah lagi untuk DPT ini, karena bagi partai politik DPT yang valid itu sangat penting. Dan kami juga berterimakasih kepada Bawaslu dan KPU yang langsung melakukan perbaikan terhadap DPT ini,” pungkasnya. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!