Indah Kiat Ajari Emak-Emak Ketrampilan Paper Flower

Diterbitkan  Jumat, 14 / 09 / 2018 21:47 - Berita Ini Sudah :  194 Dilihat

SERPONG UTARA-Puluhan emak-emak perwakilan lima RW Kelurahan Pakulonan, Serpong Utara dan Pakulonan Barat, Kelapa Dua diberi pelatihan pembuatan Paper flower. Kegiatan ini digagas PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang melalui program CSR dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat.

Head of Suistability PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang Solikhul Fatikhin menjelaskan, peserta pelatihan semua ibu-ibu. Sebelumnya mereka telah mengikuti pelatihan selama dua hari (23/24/8).  Selang beberapa minggu kemudian, tepatnya Jumat (14/9) hasil karya tangan emak-emak ini dilombakan. Bagi yang terbaik hasilnya, akan diikutsertakan pada pameran UMKM di Jakarta dalam waktu dekat ini.

“Pelatihan paper flower ini untuk memberikan keterampilan kepada peserta yang juga masyarakat sekitar pabrik. Dengan keterampilan ini bisa dimanfaatkan untuk penghasilan mereka nanti menambah uang belanja sehari-hari,” jelas ia.

Peserta tak hanya dibekali pelatihan paper flower. Namun mereka turut diberikan jurus jitu peluang pasar. Dengan peluang pasar ini peserta terbuka ternyata bagus untuk digarap secara tekun agar produknya bisa menembus pasar diminati banyak orang. Bukan hanya dibukakan potensi pasar saja tapi cara memasarkan produk turut ditularkan oleh pelatih.

“Kita hanya berhenti di pelatihan saja. Tetapi, ada pendampingan setelah pelatihan seperti apa pemasaranya serta penyaluran sampai ke tangan pembeli. Semua diberikan secara menyeluruh agar para ibu-ibu semangat dan ulet menekuni keterampilan unik ini,” pesannya.

Paper flower itu banyak yang membutuhkan untuk hiasan ruang tamu atau kantor atau hotel-hotel. Saat ini berbagai produk dan macam-macam jenis  Paper flower dijual di banyak tempat bahkan pinggir-pinggir jalan dengan sentuhan unik memikiat pembeli. Pelatihan ini sangat diinginkan membuahkan hasil bermutu tinggi. untuk memperoleh hasil itu memang dibutuhkan keseriusan tinggi serta sabar pantang menyerah.

“Kita harapkan dengan pelatihan ini peserta dapat memperdalam hingga mampu memproduksi sendiri. Hasilnya bisa menambah penghasilan peserta. Saat ini sedang trend ragam jenis Paper flower yang banyak dijual diberbagai tempat,” terangnya.

Head of CSR PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang, Lily Yulianingsih ikut memberi penjelasan. Selain pelatihan, perusahaan yang memproduksi kertas ini juga membantu sarana pendukung. Seperti backdrop palet dekorasi serta peralatan lainnya.

“Yang ikut pelatihan sebanyak 18 orang dari perwakilan lima RW di Kelurahan Pakulonan dan Pakulonan Barat. Kita harapkan peserta pelatihan dapat mandiri dan mampu memproduksi hasil kreativitas masyarakat,” ujarnya.

 

Instruktur pelatihan Paper Flower dari Jelita Craft, Lita menuturkan pangsa pasar untuk paper flower biasanya dipakai dalam acara pernikahan maupun acara keluarga. Paper Flower ini dapat dijadikan foto booth dalam sebuah acara.

“Tidak hanya mengajarkan pembuatan paper flower. Kita juga memberikan edukasi bagaimana pemasaran, bahan baku serta negosiasi,” imbuhnya.

Salah satu peserta pelatihan paper flower, Sri Maasih mengapresiasi pelatihan paper flower ini. Menurutnya, kegiatan positif ini dapat menambah penghasilan keluarga. Dirinya berniat untuk mendalami keterampilan unik ini, karena memiliki tantangan tersendiri dan bisa memikat bagi para pecinta keindahan ruangan dan bunga-bunga.

“Terima kasih PT Indah Kiat yang telah memberikan kesempatan kepada kami yang memberikan ilmu baru dan wawasan tentang pembuatan paper flower. Tentunya, paper flower ini dapat memberikan income tambahan keluarga,” tandasnya. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!