Dosen Unpam Ingatkan Bahaya Narkoba ke Masyarakat Kulon Progo

Diterbitkan  Selasa, 25 / 09 / 2018 23:12 - Berita Ini Sudah :  233 Dilihat

PAMULANG-Para dosen Universitas Pamulang (Unpam) menyambangi Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, belum lama ini. Kunjungan ini sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat  (PKM).

Dosen-dosen itu memberikan pemahaman bahaya narkoba kepada masyarakat Kulon Progo. Narkoba tidak hanya tersebar di wilayah Jakarta dan kota-kota besar lainnya, tapi sudah menjamah daerah-daerah, perkampungan dan masuk kepada masyarakat.

Ketua Kelompok 1 PKM Unpam, Ahmad Syukri menyampaikan, kegiatan ini dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unpam mensyaratkan kepada seluruh dosen praktik kepada masyarakat melalui sosialiasi baik soal motivasi, pencegahan narkoba dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanakan dalam satu semester.

“Kami mensosialisasikan tentang bahaya narkoba kepada masyarakat untuk mencegah. Meski di desa, tapi memang upaya pencegahan itu harus dilakukan sedini mungkin,” katanya.

Materi yang disampaikan kepada masyarakat setempat di antaranya jangan mendekati narkoba. Diimbau apabila mengetahui pemakai atau pengeder berada di lingkungan agar segera dilaporkan kepada pihak berwajib. Langkah ini menghindari adanya korban baik anak-anak ataupun remaja.

“Kami menyampaikan langkah-langkah konkret mencegah peredaran narkoba kepada masyarakat. Narkoba jangan pernah dipandang sebelah mata, karena peredarannya cukup luas dari kota hingga ke desa-desa,” tuturnya.

Sedikitnya ada lima kelompok masing-masing kelompok 10 orang melakukan kegiatan di Kulon Progo. Dalam kegiatan itu, turut hadir, Kepada Desa Giri Peni, Kulon Progo, PNS Pemkab Kulon progo, para RT/RW dan tokoh masyarakat.

Dosen Unpam lainnya, Krisnaldy menambahkan, kegiatan PKM dapat dilakukan di mana saja sesuai dengan materi yang ingin disampaikan. Bahaya narkoba menjadi penting agar orangtua lebih mewaspadai kepada anak-anak dan lingkungan sekitar. (din)

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!