SNI Penting Untuk Tingkatkan Daya Saing Produk IKM

Diterbitkan  Selasa, 25 / 09 / 2018 21:37 - Berita Ini Sudah :  155 Dilihat

SOSIALISASI. Disperindag Tangsel lakukan sosialisasi SNI kepada pelaku IKM Tangsel, Selasa (25/9).

CIPUTAT-Pentingnya kepemilikan Sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) membuat Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memberikan fasilitasi informasi terkait SNI untuk pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang dilakukan melalui dua tahap kegiatan dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Puspemkot 3 Lantai 3 A, Selasa (25/9). Dengan melibatkan narasumber dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) melalui Kepala Sub bidang promosi,Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN.

Kepala Disperindag Kota Tangsel, Maya Mardiana, sosialisasi ini merupakan pelaksanaan kedua dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 150 peserta. “Sosialisasi ini sangat penting, dalam kesempatan ini saya sampaikan bahwa bagi pelaku usaha dengan produk wajib SNI segera lakukan proses SNI sebelum dilakukan pemasaran, sedangkan bagi produk yang tidak wajib atau sukarela dapat mulai merintis proses SNI untuk meningkatkan kualitas produk dan daya saing produk baik ditingkat nasional dan internasional,”harapnya.

Maya mengatakan, disperindag hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai fasilitator terkait pemenuhan standarisasi produk sehingga mempunyai daya saing yang kuat. Tangsel memiliki IKM sebanyak 1200. Menjadi sangat penting bagi pemerintah untuk mendorong penerapan standarisasi bagi produk-produk IKM tersebut. “Tujuan penerapan SNI ini adalah untuk meningkatkan jaminan mutu, efisiensi produksi, daya saing nasional, persaingan usaha yang sehat dan transparan dalam perdagangan, kepastian usaha, dan kemampuan pelaku usaha, serta kemampuan inovasi teknologi,” katanya.

Lanjutnya, pembuatan SNI ini tidak gratis, namun SNI ini ada tarif nominalnya di BSN, namun ada program dari BSN dan Provinsi untuk IKM unggulan yang berkomitmen dapat difasilitasi pembinaan hingga SNI. “Pembuatan SNI ini sesuai tarif dan kita sudah pernah membantu dua IKM unggulan untuk difasilitasi Disperindag dan Provinsi untuk mendapatkan fasilitasi SNI Gratis,”jelasnya.

Sementara, Kepala Sub bidang promosi,Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN. Muhamad Wibowo Sukendar, menjelaskan, SNI ini dapat meningkatkan perlindungan kepada konsumen, pelaku usaha, tenaga kerja dan masyarakat lainnya baik untuk keselamatan, keamanan, kesehatan maupun kelestarian lingkungan. Meningkatkan kepastian, kelancaran, dan efisiensi transaksi perdagangan barang dan/atau jasa di dalam negeri dan luar negeri

“Pelaku usaha/ IKM yang akan menerapkan SNI perlu mengetahui dan memahami substansi dan persyaratan standarnya serta manfaatnya. Penerapan SNI di UMKM dapat meningkatkan mutu produk, mengurangi jumlah produk gagal dan memperluas jangkauan pasar,”singkatnya.(irm)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!