Gelapkan Puluhan Mobil, NP Raup Miliaran Rupiah

Diterbitkan  Rabu, 26 / 09 / 2018 22:16 - Berita Ini Sudah :  251 Dilihat

SERPONG-Nadia Pradina (28) akhirnya diamankan unit Ranmor Polres Tangerang Selatan (Tangsel) terkait penggelapan 11 mobil kredit. NP ditahan setelah menghilang selama satu tahun.

Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan, AKP Alexander Yurikho menjelaskan, pengungkapan tindak pidana fidusia itu, bermula dari laporan 7 perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor, yang telah tertipu oleh pelaku yang diketahui melakukan bersama suaminya.

“Tersangka NP berhasil kami amankan setelah sebelumnya Polres Metro Tangerang mengamankan suami pelaku yang tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang, atas kasus yang sama,” kata Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan, Rabu ( 26/9) di Mapolres Tangerang Selatan.

Diungkapkan dirinya, pelaku melakukan penipuan dan penggelapan atas sejumlah kendaraan yang dia kredit. Setelah kendaraan tersebut didapat, pelaku menjualnya kepada orang lain, dengan harga jauh dibawah pasaran.

“Dari laporan 7 perusahaan pembiayaan ini, mereka mengalami kerugiaan atas 11 unit kendaraan yang dikreditkan yang akhirnya dijual kembali pelaku,” terangnya.

Dalam melancarkan aksi tersebut, pelaku menggelapkan data dokumen diri, agar perusahaan pembiayaan menyetujui permohonan kredit mobil yang dia inginkan.

“Setelah mobil baru itu keluar, pelaku menjualnya kembali kepada orang orang tak dikenal dengan harga jauh dibawah harga pasaran. Pelaku menjual kepada orang-orang yang tidak dia kenal,” ucapnya.

Dari 11 unit kendaraan kredit yang digelapkan itu, lanjut Kasat Reskrim, belum ada satupun kendaraan yang berhasil diamankan.

“Kendaraanya masih kami cari, 11 itu belum ada yang ketemu,” ucap dia.

Nadia  mengincar mobil-mobil mewah untuk dikredit dan dijual murah ke sembarang orang. Dia dijerat pasal berlapis terkait penggelapan dan mengalihkan objek jaminan fidusia.

Alex menerangkan, pelaku mengakui sudah setahun belakangan melakukan aksi penggelapan dan pengalihan hak jaminan fidusia bersama suaminya.

Dari deretan kendaraan yang dimohonkan kredit dan dijual kepada pihak lain itu, pelaku menyasar mobil-mobil mewah keluaran terbaru.

“Mobilnya terbilang mewah, ada VW Polo, Pajero Sport, CRV, Juke dan sejumlah mini bus dengan total kendaraan 11 unit dari 7 perusahaan,”katanya.

Pelaku juga tak butuh waktu lama untuk menjual kembali kendaraan yang dia kredit , bahkan menariknya dia menjual jauh diharga pasaran.

“Misalkan Pajero Dakar 2017 di pasaran itu masih 600 jutaan, dia hanya jual Rp150 juta,” terangnya.

Jual beli kendaraan fidusia itu, lanjut Alex juga dilakukan pelaku kepada pembelinya secara sembarangan.

“Jadi dia menawarkan itu acak saja, bukan kepada orang yang dia kenal. Ada Pajero itu dia jual setelah ada orang yang dia kenal di rumah makan. Karena murah, kemudian pembeli tergiur,” ucapnya.

Atas perbuatanya, pelaku dijerat pasal berlapis sesuai pasal 5, pasal 7, pasal 11, pasal 16, pasal 18, pasal 32, pasal 33 pasal 125 dan pasal 127 KUHPidana terkait memberikan keterangan menyesatkan dan atau mengalihkan objek jaminan Fidusia.(irm)

 

DITAHAN. NP(28) ditahan Polres Tangsel ditahan atas kasus Fudicia.

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!