Kelurahan Ciputat Terapkan Sistem Pelayanan Masyarakat Terpadu

Diterbitkan  Rabu, 26 / 09 / 2018 22:38 - Berita Ini Sudah :  264 Dilihat

CIPUTAT-Aparat Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat menerapkan Sistem Pelayanan Masyarakat Terpadu (SI-PELMA). Sistem ini mampu memangkas waktu pelayanan menjadi lebih efektif.

SI-PELMA menyediakan tiga loket pelayanan dilengkapi komputer masing-masing satu unit.  Alur pelayanan biasanya masyarakat datang mengambil nomor antrean, kemudian berkomunikasi dengan pegawai menjelaskan keperluannya.

“Melalui pola yang saya terapkan ini pegawai tidak perlu membuat surat di ruang belakang, tapi langsung di depan meja pelayanan, sehingga masyarakat mengetahui proses pembuatan surat, jika ada yang kurang tepat dapat diperbaiki sebelum kertas diprint,” terang Noor Rizal, sekretaris Kelurahan Ciputat.

Manfaat lain melalui pola ini, menghemat kertas tidak lagi banyak dibuang. Pola sekarang sebetulnya sudah lebih bagus dari masa-masa 10 tahun silam di mana, misalnya pembuatan KTP bisa memakan waktu lima hari. Sekarang cukup tiga hari sudah jadi. Maka melalui pola SI-PELMA dapat dipastikan lebih cepat lagi proses awalnya.

“Sejalan dengan kebijakan pembuatan KTP atau surat kehilangan KTP harus yang bersangkutan datang sendiri. Tidak boleh diwakilkan. Namun jangan khawatir kami memprioritaskan pelayanan. Kami memahami waktu yang dikorbankan masyarakat untuk datang ke kelurahan, bisa saja mereka harus cuti terlebih dahulu karena kesibukan kerja. Itu semua kami memahami,” tutur ia.

Lurah Ciputat Cecep Iswadi  menambahkan, pihaknya mendukung penuh  SI-PELMA selagi untuk kemudahan masyarakat dalam hal pelayanan. Termasuk mempermudah pegawai dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Era saat ini pelayanan sudah harus serba efektif seiring dengan perkembangan sosial masyarakat era milenial,” terangnya.(din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!