Kejari Jamin Loket Tilang Bebas Calo

Diterbitkan  Kamis, 27 / 09 / 2018 23:17 - Berita Ini Sudah :  292 Dilihat

BINTARO-Denda pelanggaran lalu lintas sudah bisa diurus di loket tilang Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangsel. Sejak empat hari lalu, loket tersebut resmi dibuka.

Pembukaan loket tilang ini menyusul adanya Peraturan Mahkamah Agung No.12 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas. Kehadiran loket tilang ini mempermudah masyarakat untuk membayarkan denda pelanggaran lalu lintas.

Kasi Pidana Umum Kejari Kota Tangsel, Sobrani Binzar menjelaskan, perkara pelanggaran lalu lintas yang diputus oleh pengadilan dapat dilakukan tanpa hadirnya pelanggar atau verstek. Sehingga pelanggar yang tidak mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Tangerang dapat membayar denda dan mengambil barang bukti di loket tilang Kejari Tangsel di Jalan Boulevard Bintaro Jaya Sektor 7, Kecamatan Pondok Aren.

Sejak empat hari lalu, per harinya ada puluhan masyarakat yang terkena sanksi tilang langsung memanfaatkan loket tilang tersebut untuk membayarkan denda tilang mereka.

Pria yang akrab disapa Banie ini mengatakan, selama ini jumlah besaran tilang yang dibayarkan itu variatif, tergantung jenis pelanggaran yang telah diputuskan oleh pengadilan dalam proses sidang tilang.

“Ini kita resmikan, dan ini baru dibuka. Banyak juga warga yang langsung memanfaatkan keberadaan loket tilang yang ada di Kejari Tangsel ini,” ungkapnya.

Disinggung lebih lanjut mengenai berapa besaran untuk setiap sanksi pelanggaran lalul intas, dia mengatakan, untuk besaran denda tersebut adalah hak pengadilan yang memutuskan. “Untuk besaran denda tilang itu hak pengadilan, kami tidak bisa menyebutkan nominalnya, karena semuanya seuai dengan apa yang diputuskan pengadilan,” ungkapnya.

Banie juga mengatakan, pihaknya juga telah mengantisipasi kemungkinan munculnya calo-calo di loket tilang dengan terus memperketat pengamanan di sekitar loket.

“Kita belum temukan itu calo-calo. Nah kami sudah mengantisipasi itu agar tidak ad acalo di loket tilang ini dengan memperketat kemanan di sekitar loket. Jadi jika ada calo akan kita tindak langsung di tempat,” jelasnya.

Kejari Kota Tangsel juga memasang beberapa spanduk bertuliskan tolak Calo, agar proses pembayaran denda tilang itu dialkukan secara resmi di loket yang ada.

“Kami imbau juga kepada masyarakat agar tidak menggunakan jasa calo, karena dengan adanya loket ini pun justru sudah lebih mempermudah sistem yang ada. Jadi rasanya tidak usah lagi pakai calo, ikuti saja aturan yang ada,” pungkasnya. (dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!