Semua Fraksi Dukung Raperda Disabilitas

Diterbitkan  Kamis, 27 / 09 / 2018 21:55 - Berita Ini Sudah :  291 Dilihat

SERPONG- Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pemajuan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Kota Tangerang Selatan tak bakal mengalami kendala berarti. Pembahasannya diyakini lancar. Sebab, proses pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel mendapat dukungan seluruh fraksi.

Demikian terlihat dalam tahapan awal pembahasan kemarin yang mendengarkan pandangan umum seluruh fraksi sebelum akhirnya sah menjadi Raperda inisiatif dari DPRD Kota Tangsel.

Dalam pandangan umum itu, seluruh fraksi mengapresiasi dan sangat setuju dengan usulan dari beberapa anggota  untuk dijadikan Raperda inisiatif DPRD Kota Tangsel.

Fraksi PDI Perjuangan menilai bahwa Raperda tersebut cukup dibutuhkan oleh masyarakat Kota Tangsel. Ini mengingat persamaan hak untuk penyandang disabilitas di Kota Tangsel harus dilindungi dengan aturan atau regulasi khusus.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Iwan Rahayu mengatakan, dengan adanya Raperda tersebut, maka Pemerintah akan diawasi oleh aturan dalam menjalankan kewajibannya untuk pemenuhan hak penyandang disabilitas.

“Kita ingin pemenuhan hak ini dilindungi oleh payung hukum yang jelas, yang lebih spesifik dengan muatan Kota Tangsel. Makanya, kami dari Fraksi PDI Perjuangan sangat mendukung usulan Raperda ini,” ujarnya.

Anggota Fraksi Partai Golkar, Syihabuddin Hasyim mengatakan, dengan adanya Raperda tersebut, maka tidak ada lagi diskriminatif dalam dunia lapangan pekerja bagi penyandang disabilitas.

Nantinya akan diatur bagaimana setiap perusahaan yang ada di Kota Tangsel harus memiliki kuota tenaga kerja khusus penyandang disabilitas. “Harus kita hapus diskrimnatif dalam lapangan pekerjaan, bagi penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Hal sama juga dikatakan oleh Ketua Fraksi Partai Gerindra, Abdul Rahman. Menurutnya, Fraksi Gerindra sangat mendukung usulan Raperda dan juga mengapresiasi para pengusul.

“Kami apresiasi adanya insiatif untuk mengusulkan Raperda ini dan kami dari Gerindra akan mendukung terus dan juga ikut dalam kajian penyusunan Raperda ini,” paparnya.

Ketua DPRD Kota Tangsel, Moch Ramlie mengatakan, untuk pembahasan Raperda insiatif memang lebih panjang dibandingkan dengan Raperda usulan Pemkot Tangsel.

Dimana dari internal DPRD sendiri pun ada beberapa kali pembahasan, sebelumnya akhirnya diajukan ke Pemkot Tangsel dan meminta tanggapan dari Pemkot Tangsel terkait pengajuan Raperda.

“Tapi kami akan tetap konsisten agar Raperda ini cepat selesai dan manfaatnya segera bisa dirasakan oleh saudara-saudara kita yang ada di Kota Tangsel, yang masuk ke dalam penyandang disabilitas,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!