Gubuk Tempat Menyimpan Keranda Jenazah Disulap Jadi TBM

Diterbitkan  Minggu, 30 / 09 / 2018 22:55 - Berita Ini Sudah :  325 Dilihat

SETU-Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Energi Mandiri (EM) Irkaba 45 (Ikatan Remaja Kademangan Bawah RT 04 dan RT 05 RW 03,Kademangan,Kecamatan Setu, Kota Tangsel, Minggu (30/9).

Walikota Tangsel mengapresiasi peresmian TBM-EM Irkaba 45 yang merupakan TBM ke-81 yang ada di Kota Tangsel. “Saya tahunya perjuangan Bu Herlina dengan ketekunan dan sabarnya untuk terwujudnya taman bacaan masyarakat, bagaimana proses tempat ini tadinya tidak layak menjadi layak, inilah yang disebut smart city dan smart people.Insyallah ini menjadi contoh yang baik,”ungkapnya.

Walikota berharap ini menjadi contoh kepada semua pihak dengan melibatkan anak mudah, semoga menjadi berkah,”Saya tahu adik-adik punya inovasi dan keinginan, dan didukung oleh kita, dengan mendorong kreatifitas, sehingga taman baca ini tidak ditinggalkan oleh adik-adik kita,”katanya.

Buatlah kreatifitas atau agenda setiap minggunya, sehingga adik-adik ini terus datang dan mau berkunjung ke taman baca.Karena jika tidak dikelola dengan kreatif, dan tidak ada buku bacaan yang baru taman baca ini akan ditinggalkan. “Selamat dan sukses dengan TBM baru ini,”ungkapnya.

Ketua Umum, Komunitas Magma Tangsel, Herlina Mustikasari, menceritakan perjalanan magma dari awal tahun 2010 dengan TBM yang pertama dibuka di Pondok Cabe “Wadah Ilmu” pada 3 Februari 2010.Sekarang sudah ada 81 TBM dalam pembinaan Magma. “Sejak 2010 hingga 2018 TBM Tangsel dibina Magma selalu menjadi juara 1 di Provinsi Banten, dan beberapa kali menjadi juara 1 tingkat Nasional dari Kemendikbud.”jelasnya.

TBM-EM Irkaba 45 (Ikatan Remaja Kademangan Bawah RT 04 dan RT 05) adalah TBM ke 81 yang dibina Magma.

Dinamakan TBM- EM karena singkatan dari TBM Energi Mandiri, karena TBM ini dilengkapi 8 reaktor untuk memproduksi Biogas dari kotoran sapi dan sampah basah sisa-sisa makanan. Serta dilengkapi dengan hidroponik.

TBM Irkaba mulanya adalah sebuah balai tempat duduk-duduk, menyimpan keranda jenazah, tempat ayam bertelur dan lainnya yang hasil kerjasama Magma dan Irkba disulap menjadi TBM yang nyaman.

“Harapan saya, TBM EM Irkaba 45 dapat tambah maju dan giat, menjadi pusat kegiatan belajar, berdaya guna buat masyarakat, dan dapat menjadi contoh-contoh TBM2 lainnya. “Di TBM ini ada  578 buku dan akan bertambah lagi. Kedepannya pengurus TBM juga akan menambah kegiatan bercocok tanam.”singkatnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!