Tiga Kali Berturut-turut, Raih Penghargaan LPPD


Dirjen Otda: Tangsel Masuk Dalam Bintang 1

Diterbitkan  Senin, 01 / 10 / 2018 22:45 - Berita Ini Sudah :  300 Dilihat

CIPUTAT-Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono, mengatakan semua Kota/Kabupaten yang masuk dalam peringkat 50 penilaian  Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) masuk ke dalam bintang satu.

“Tangsel masuk urutan ke-47 dari 93 Kota se-Indonesia, urutan ini masih bernilai sangat tinggi karena selisih nilainya sangat dekat bahkan relatife sama. Point yang diraih Tangsel yakni 3,0819. Penilaian ini dilakukan berjenjang oleh Kementerian melalui masing-masing Provinsi.”ungkapnya.

Dirinya berpesan, untuk menciptakan manajemen pemerintah yang baik dan akuntabel, harus terus diupayakan dari waktu ke waktu. Dimana, implementasi mekanisme penyelenggaraan pemerintahan yang baik itu telah menjadi kebutuhan atas konsekuensi logis dalam memenuhi tuntutan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih dan bebas KKN.

“Dalam konteks itu, LPPD dan LKPj menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mewujudkan pemerintah yang baik. Melalui LPPD dan LKPj, evaluasi dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah bisa dilakukan secara sistematis , terukur dan transparan,” pesannya.

Sementara itu Asda 1 Kota Tangsel, Rahmat Salam, mengungkapkan, ke depan pemkot akan bertekad meningkatkan prestasi ke bintang 2. “Kita masuk ke-47 Kota se-Indonesia, dan tingkat ke-3 se-Provinsi Banten, penilaian yang baik, karena nilainya pun mengalami peningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya,”ungkapnya.

Rahmat menjelaskan, penilaian atau pelaporan ini berdasarkan bukti kegiatan OPD dan disiapkan oleh Bagian Pemerintahan bersama para OPD.

Rahmat berharap, kedepan lebih kompak lagi dan agar semua OPD yang dinilai memenuhi unsure dengan baik dan benar serta pelaporannya sesuai dan tepat waktu.

Dibawah kepemimpinan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Kota Tangsel kembali meraih penghargaan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) terbaik, tiga tahun berturut-turut.

Penghargaan ini diberikan langsung Gubenur Banten Wahidin Halim kepada Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie,bertempat di KP3B, Banten, Senin (1/10).

Tangsel kali ini menduduki posisi terbaik ketiga setelah Kabupaten Serang, atas hasil LPPD. Dimana tahun sebelumnya, Tangsel juga membuktikan hasil capaian kinerjanya dengan meraih LPPD 2015 dengan nilai tinggi, tahun 2016 sangat tinggi, dan tahun 2017 sangat tinggi.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, mengatakan, ini merupakan penghargaan LPPD untuk Tangsel dengan nilai sangat tinggi yang kedua yaitu tahun 2016 dan 2017.Nilai di 2017 naik dibandingkan tahun 2016.

Penilaian ini mencangkup kebijakan umum, pengambilan kebijakan umum, hasil pelaksanaan utusan pemerintahan dan dokumen LPPD setebal 800 halaman. “Tangsel juara ke 3 dari 8 Kabupaten/Kota se Banten dengan nilai sangat tinggi yakni 3,0819.”ungkapnya.

Benyamin mengaku sudah menyiapkan strategi agar para OPD bisa memenuhi target kinerja masing-masing yakni pembinaan LPPD bagi OPD, bimbingan teknis (bimtek),monev, pelatihan atau simulasi penilaian, evaluasi oleh Inspektorat,penilaian oleh tim daerah dan penilaian tim dari Kemendagri.

Benyamin mengungkapkan rasa senangnya karena kinerja laporan penyelenggaran Pemkot Tangsel yang dinilai oleh pusat dengan nilai sangat tinggi. “Tetapi,  kita belum puas kita ingin rangking 1 se Banten, kita akan terus tingkatkan hasil ini, sebab LPPD ini cukup strategis seperti halnya yang sudah kita raih LKPD dengan opini WTP dari BPK RI dan LAKIP dengan nilai Bb dari KemenPan RI.”ungkapnya.

Benyamin pun berharap kedepannya akan tingkatkan kinerja LPPD menjadi no 1 se-Banten, dengan melakukan pembinaan intensif kepada OPD, evaluasi mandiri oleh inspektorat,melakukan lomba LPPD antar OPD.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!