DLH Targetkan 700 Kendaraan Diuji


Uji Emisi Kendaraan

Diterbitkan  Rabu, 03 / 10 / 2018 21:14 - Berita Ini Sudah :  276 Dilihat

UJI EMESI GRATIS: Petugas melakukan pencatatan dan uji emisi sebuah kendaraan bermotor di Serpong, Rabu (3/10). Kegiatan yang dilakukan Dinas Lingkungan hidup kota Tangerang Selatan bertujuan untuk membantu pemerintah mengetahui pencemaran emisi asap buang kendaraan serta membantu mengurangi tingkat pencemaran udara di Tangerang Selatan

SERPONG-Ratusan kendaraan terjaring uji emisi yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang berlangsung di depan Taman Kota I, Jalan Letnan Sutopo, Rabu (3/10).

Pelaksanaan uji emisi tersebut akan berlangsung selama dua hari, namun untuk lokasinya tidak hanya Taman Kota namun juga dikawasan Alam Sutera.

Kepala Seksi Pemantauan Kualitas Lingkungan pada DLH Kota Tangsel, Tedi Krisna, menjelaskan, pengujian dilakukan untuk kendaraan jenis bensin dan solar.

“Uji emisi ini kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun, untuk mengetahui kualitas emisi gas buang dari kendaran bermotor yang dapat menyebabkan polusi udara,” ujarnya.

Untuk standar uji emisi yang dilakukan adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor.

Untuk ambang batas kendaraan berbahan bakar bensin yang dibuat dibawah tahun 2007 adalah, 4,5 persen untuk CO dan HC 1200 ppm. Sementara untuk yang diatas tahun 2007, ambang batasnya 1,5 persen untuk CO dan HC 200 ppm.

“Sedangkan untuk kendaraan yang menggunakan solar, yang diperiksa adalah standar ambang batas opasitas atau kepekatan asap. Mobil yang diproduksi dibawah tahun 2010 standarnya opasitasnya 70 persen, dan yang pembuatannya diatas tahun 2010 standarnya 40 persen,” tambahnya.

Dalam uji emisi yang dilaksanakan dua hari DLH targerkan sekitar 700 kendaraan yang diuji. Dalam hasil pengujian, masih ditemukan kendaraan yang emisinya melebihi ambang batas. “Untuk kendaraan yang tidak lulus uji emisi, kami cuma bisa menghimbau agar pengemudinya merawat kendaraan tersebut lebih baik lagi,” jelasnya.

Tedi menjelaskan, biasanya kendaraan yang emisi gas buangnya melebihi ambang batas rata-rata yang menggunakan bahan bakar, yakni truk, losbak maupun angkutan umum. “Untuk angkutan umum pemeriksaan dilakukan oleh Dishub saat pengurusan KIR,” jelasnya.(irm)

 

UJI EMESI GRATIS. Petugas melakukan pencatatan dan uji emisi sebuah kendaraan bermotor di Serpong, Rabu (3/10). Kegiatan yang dilakukan Dinas Lingkungan hidup kota Tangerang Selatan bertujuan untuk membantu pemerintah mengetahui pencemaran emisi asap buang kendaraan serta membantu mengurangi tingkat pencemaran udara di Tangerang Selatan

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!