Sinar Mas Land Bangun Galeri Iptek dan Inovasi

Diterbitkan  Kamis, 04 / 10 / 2018 22:12 - Berita Ini Sudah :  239 Dilihat

RAMAH TAMAH: Kanan – kiri, Sri Setiawati Kepala PUSPIPTEK, Monik William Group CEO SML Intan Ahmad Dirjen Pembelajaran dan Mahasiswa Kemenristekdikti Muhammad Nasir, Jamal Wiwoho Irjen Kemenristekdikti, Dhony Rahajoe managing director president office SML terlihat sedang berbincng usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City, Kamis (4/10). proyek itu sebenarnya digagas sejak tahun 1980-an. Proyek itu bertujuan membangun kawasan technopolis sebagai pusat penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat pertumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM Industri

SERPONG- Sinar Mas Land membangun Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di kawasan BED City, Tangerang. Dalam pembangunan dan pengembangannya, Sinar Mas Land menggandeng Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Telnologi (Puspiptek).

Pembangunan GIPTI ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking dihadiri Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhamad Nasir serta para jajaran pimpinan Sinar Mas Land.

Area GIPTI akan menempati lahan Puspiptek-Kementerian Ristek Dikti, seluas ± 15 Ha yang berada di wilayah tersebut. GIPTI akan menjadi show case kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang IPTEK, dan tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startupberbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi di PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) PUSPIPTEK.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir, mengatakan, GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspiptek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasan technopolis.

“Saat ini, kita coba menghidupkan kembali konsep tersebut, dengan dijadikannya PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai N-STP, yang tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri,” ujarnya.

Sementara itu, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land, Christopher Siswanto Adisaputro, mengatakan pihaknya sangat mendukung pembangunan galeri tersebut. Tentunya untuk memberikan kontribusi bagi bida penelitian atau pendidikan bangsa “Kami sangat mendukung pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di BSD City,” paparnya.

Dia juga berharap kolaborasi tersebut dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city.

Dimana saat ini BSD City juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi ‘Silicon Valley’ di Indonesia. Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub.

“Lebih jauh lagi pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!