Pemkot Bina Taman Baca Masyarakat

Diterbitkan  Selasa, 09 / 10 / 2018 22:13 - Berita Ini Sudah :  263 Dilihat

CIPUTAT- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan meningkatkan minat baca warganya. Salah satunya dengan pembinaan Taman Baca Masyarakat (TBM) di sejumlah lokasi. Termasuk meningkatkan daya tarik TBM agar ramai dikunjungi.

Melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), Pemkot meningkatkan pembinaan TBM tersebut di antaranya melengkapi koleksi buku bacaan dikesukai masyarakat.

“Rencana ada 21 TBM se Tangsel yang akan kami bina mulai Oktober 2018 ini.  Namun secara bertahap  kedepannya semua taman baca se Tangsel akan kami lakukan pembinaan,” ungkap Kabid Perpustakaan DPAD Tangsel, Hayati Nur.

Tujuannya, agar TBM dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dapat lebih tertata rapih baik dari segi penataan buku, dan sebagainya. “Kami berharap taman baca dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat Tangsel,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, penataan pun harus dilakukan. Seperti ruang taman baca harus nyaman bagi pembaca, keadaannya harus bersih dan rapih, dan pengelola taman baca perlu melakukan inovasi. “Hal ini dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat,” jelasnya.

Pembinaan ini dilakukan hampir setiap hari dengan TBM yang berbeda, sesuai dengan jadwal yang telah disiapkan. Seperti yang baru saja dilakukan pembinaan pada TBM Kolong dan TBM Mawar pada 8 Oktober 2018 dan beberapa TBM lainnya yang ada di Kota Tangsel.

Dengan pembinaan itu pun, TBM yang ada di Kota Tangsel pun kerap mendapatkan prestasi di tingkat nasional. “Alhamdulillah pengelola TBM di Tangsel hampir setiap tahun juara hingga ke tingkat Nasional, dengan lomba Jambore PTK Paudni, hanya kegiatan lomba ini ada di Dindikbud, yang merupakan kegiatan  berjenjang. Sedangkan untuk pembinaan TBM ada di DPAD,” pungkasnya. (dra)

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!