Cempaka Putih Miliki Posbindu Penyakit Tidak Menular

Diterbitkan  Rabu, 10 / 10 / 2018 21:45 - Berita Ini Sudah :  223 Dilihat

CIPUTAT TIMUR-Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Anggrek, Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur diresmikan sebagai Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM), kemarin.

 Pembina Posbindu/Posyandu Anggrek, Darmi Gani menjelaskan, Posbindu meliputi berbagai kegiatan, di antaranya pembinaan kesehatan untuk para lansia dan resiko tinggi (Resti). Sedangkan Posbindu PTM meliputi anak muda hingga lanjut usia.Khusus Posbindu PTM pelayanan kesehatan tidak terbatas pada orangtua yang telah lanjut usia semata.

 “Cakupannya Posbindu meliputi pra lansia dan lansia yang beresiko tinggi atau Resti. Adapun Posbindu  PTM sasarannya antara usia 15-55 tahun. Mengapa anak-anak muda, karena belakangan ini banyak usia muda terkena penyakit diabet. Faktornya pola hidup tidak sehat,” katanya.

 Bahkan, secara siklus adanya grafik peningkatan penyakit diabetes pada generasi muda usia sekitar 25 tahunan. Sebaliknya kalangan lansia mengalami penurunan. Besar kemungkinan para lansia telah menerapkan pola hidup sehat sehingga angkanya lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi muda pola hidupnya tidak dijaga.

 “Penyakit tidak menular, diabetes, rematik, jantung, disebabkan dari pola hidup. Anak 15 tahun sekarang banyak yang terkena diabetes, karena pola makan. Justru lansia menurun, karena menjaga pola hidup mereka dengan teratur dan selalu memeriksakan secara rutin sebulan sekali ke tim medis,” tambah ia.

 Di Cempaka Putih sedikitnya ada 6 Posbindu sedangkan pilot projek di Posbindu Anggrek, Jalan Jambu RT 04 RW 05 Cempaka Putih yang dibuka Rabu kedua setiap bulan. Ini mejadi alternatif bagi para lansia di lingkungan sekitar untuk menjadi tempat berkonsultasi kesehatan dan pengobatan.

 Ketua Posbindu Anggrek, Tuti Alawiyah menjelaskan, setiap kegiatan pada pekan kedua per bulannya mencapai 100-150 pasian yang datang. Sasaran sebetulnya mencapai 500  warga di RW 05. Mereka memeriksa secara  rutin kesehatan seperti tensi, gula darah, dan berat badan

 “Cukup ramai, lebih dari seratus orang secara rutin memeriksa kesehatan sehingga dapat dijaga pola makan dan gaya hidup sehari-hari. Setiap pelayanan selalu ada dokter umum dan perawat serta bidan,” tambah ia.

 Lurah Cempaka Putih, Tarmizi menyampaikan, ucapan terima kasih atas dibentuknya Posbindu PTM . “Perlunya bantuan alat pemeriksaan tambahan alat kesehatan. Jika sudah ada perlu ditambah lagi agar pelayanan lebih maksimal,” jelasnya.(din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!