Puskesmas Gelar Deteksi Dini Kesehatan

Diterbitkan  Rabu, 10 / 10 / 2018 21:45 - Berita Ini Sudah :  244 Dilihat

PAMULANG- Puluhan siswa SDN 2 Bambu Apus diperiksa kesehatannya oleh UPT Puskesmas Bambu Apus, kemarin. Satu persatu kesehatan para siswa diperiksa oleh tim kesehatan Puskesmas tersebut.

Pemeriksaan ini merupakan program penjaringan kesehatan yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Bambu Apus dan bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Menurut Dera, salah satu Bidan UPT Puskesmas Bambu Apus, pemeriksaan yang dilakukan untuk para siswa baru ini seharusnya meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan mulai dari mata, telinga, mulut, gigi dan kulit.

“Penjaringan hanya dilakukan untuk siswa baru, yakni siswa kelas satu sebagai deteksi dini masalah kesehatan,” paparnya.

Lanjutnya, karena sedang Ujian Tengah Semester, jadi hanya  diambil umumnya saja seperti mulut dan telinga. Sedangkan untuk hasil pemeriksaan dokter serta petugas kesehatan dimasukan ke dalam formulir penjaringan kesehatan peserta didik yang telah tersedia.

“Hari ini (kemarin) kita lakukan dua program sekaligus. Yaitu, program penjaringan kesehatan kepada siswa kelas 1 dan juga pemberian obat cacing kepada siswa kelas 1 hingga kelas 6 SD di satu Taman Kanak-kanak dan dua SD yang ada di wilayah Kelurahan Bambu Apus,” paparnya.

Kepala SDN Bambu Apus 2, Ube Zubaedah turut mendukung program dari Dinas Kesehatan ini. Menurutnya, dua program yang seiringan ini sebagai penunjang kesehatan bagi kelancaran belajar siswa.

“Jika siswa-siswa sehat, secara otomatis akan lancar dan menyenangkan dalam mengikuti kegiatan belajar,” paparnya.

Dia juga berharap, dengan adanya program tersebut, maka para siswa ke depannya akan jadi terbiasa lagi dengan pola hidup yang sehat.

“Jika sejak dini anak-anak kita sudah terbiasa dengan pola hidup sehat. Maka, ke depannya pun anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!