Harkopda: Saatnya Bergabung dalam Koperasi

Diterbitkan  Kamis, 11 / 10 / 2018 21:44 - Berita Ini Sudah :  292 Dilihat

HARKOPDA: Sekda Kota Tangerang Selatan Muhammad di dampingi Kepala Dewan Koperasi Daerah ( Dekopinda) Kota Tangerang Selatan Dudung E. Diredja serta Plt. Kepala Dinkop UKM, Dahlia Nadaek mengunjungi Stand sejumlah produk dari Tangerang Selatan dalam acara Hari Koperasi Daerah (Harkopda) Kota Tangerang Selatan di Pamulang, Kamis (11/10). Harkopda yang ke 71 tersebut akan di laksanakan mulai tanggal 11 sampai 14 Oktober, yang nantinya pada penutupan akan di Hadiri Mentri Koperasi Republik Indonesia.

PAMULANG-Momentum penting dalam perayaan Hari Koperasi Daerah (Harkopda) ke-71 dibuka  pada 11-14

Oktober ini yakni menjadi motor pengerak dalam meningkatkan perekonomian di Kota Tangsel. Peringatan Harkopda sekaligus menjadi tantangan bagi berbagai pihak dalam mendorong Tangsel sebagai kota koperasi.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Dahlia Nadeak, menyampaikan, hadirnya momen besar seperti ini mengingatkan kembali tentang peran koperasi dari tahun ke tahun sampai hari ini. Koperasi sebagai motor pengerak perekonomian.

“Sudah saatnya masyarakat yang belum tergabung dalam koperasi, segera bergabung. Mari sama-sama bangun koperasi di lingkungan rumah, tempat kerja, kampus atau sekolah. karena dengan koperasi cukup membantu perekonomian baik sehari-hari maupun jangka panjang,” kata Dahlia di lokasi acara Lapangan Ex Tomang Toll, Pamulang.

Mengapa Tahun ini memilih tema tema “Penguatan Koperasi Mendorong Ekonomi Daerah”? Keberadaan koperasi dan UKM ingin berkiprah dan membuktikan bahwa mampu membangun perekonomian di Tangsel. Hadirnya koperasi kemudian melahirkan banyak UKM seiring siklus ekonomi di tengah masyarakat meningkat.

“Tangsel sebagai kota niaga sangat membantu adanya koperasi dan UKM. Ini saling bersinergi satu dengan lainnya. Maka anggota koperasi dan UKM kami dorong memafaatkan momentum ini sebaik-baiknya mempromosikan produk terbaik kepada pasar,” tambah ia.

Sebagai kota perdagangan dan jasa,  banyak investor melirik, menanamkan modal, membuka kantor cabang berinvestasi dari segala peluang binsis, seperti perumahan, hotel, restauran, dan apartemen. Celah lebar terbuka cukup luas, tinggal bagaimana para UKM memproduksi hasil karya dan menghasilkan yang tidak ada di pasaran atau original dan menarik serta harganya kompetitif. Ini yang harus menjadi kata kunci.

“Salah satunya memanfaatkan media sosial untuk jejaring pemasaran produk. Kami juga memberikan pelatihan tentang itu kepada merekah bentuk dukungan agar pelaku UKM dapat bersaing dengan era sekarang,” imbuhnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh, Sekda Kota Tangsel, H Muhamad  harus bermigrasi dari konvesional ke modern, kendati harus bertahap dan tidak semua modern. Yakni melakukan penjualan melalui teknologi media sosial. Sebab, jualan online bisa memudahkan masyarakat untuk membelinya. Kemudahan itu bisa dilakukan untuk menambah penghasilan koperasi dan UKM.

“Semua usaha kita wajib menampung UKM. Teknologi, media sosial untuk penjualan jualan online bisa memudahkan dalam memasarkan. Kemudahan-kemudahan itu bisa diambil dalam memudahkan koperasi. Kalau ada tamu berkunjung harus tau kemana, mau beli produknya has Tangsel. Maka melalui jejaring media sosial ini mempermudah para tamu untuk mengetahui produk Tangsel,” pesannya.

Ketua Dekopinda Tangsel Dudung E Diredja menyampaikan, dengan rentetan Harkopda diharapkan dapat menjawab tantangan tema Harkopda 71 Perkuatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Daerah.

“Dengan rentetan kegiatan yang ada di depan ini kita mengharapkan perkonomian daerah ini dalam empat hari bisa tumbuh dan bergerak terutama ekonomi kerakyatannya,” ungkapnya.

Tema ini selaras denga apa yang disampaikan presiden pada saat pembukaan Harkopnas di ICE BSD beberapa waktu lalu. Potensi ekonomi kerakyatan merupakan satu potensi yang luar biasa. Wujudnya melalui koperasi. Ini mengandung pemahaman bahwa koperasi memiliki potensi sangat besar untuk menggalang tidak hanya pendanaan. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!