Dana Kelurahan Dinanti Para Lurah

Diterbitkan  Senin, 22 / 10 / 2018 21:50 - Berita Ini Sudah :  250 Dilihat

CIPUTAT-Para lurah di Kota Tangsel menyambut positif rencana penyaluran dana kelurahan dari pemerintah pusat. Dana tersebut sangat bermanfaat bagi pembangunan kelurahan.

Dana kelurahan ini merupakan usulan para walikota se-tanah air yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Juli 208 silam.

Lurah Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Muslim SE mengungkapkan, pihaknya sangat bersyukur, karena dengan dana tersebut, kelurahan bisa merencanakan kegiatan pembangunan yang lebih banyak.

“Selama ini kan usulan pembangunan tingkat kelurahan melalui Musrenbang. Dan Musrenbang itu terlalu banyak usulan dan pakai pagu juga,” bebernya.

Hal senada juga diungkapkan Lurah Ciputat, Kecamatan Ciputat, Cecep Iswadi. Menurutnya, selama ini kelurahan tak memiliki dana operasional, dan untuk melangsungkan kegiatan menginduk ke kecamatan, karena kecamatan merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki anggaran.

“Dengan dana kelurahan, kita bisa membangun saluran air, jalan-jalan yang masuk gang, pemberdayaan karang taruna, PKK, keagamaan dan lain-lain,” jelasnya.

Cecep berharap rencana pemerintah pusat itu nantinya bisa terealisasi dengan baik. “Jadi jika ada dana kelurahan, kami bisa menganggarkan sendiri,” terangnya.

Walikota Tangsel sekaligus sebagai Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany mengucapkan rasa syukur telah disetujuinya anggaran kelurahan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

“Alhamdulillah ini sudah disetujui, Mudah-mudahan DPR juga menyetujui, Insya Allah di 2019 dana tersebut bisa dicairkan melalui anggaran APBN,”ungkapnya.

Dana Kelurahan ini merupakan usulan yang disampaikan pengurus Apeksi, “ini merupakan rekomendasi dari banyak rekomendasi.Jadi masih banyak hal yang kita inginkan melalui Apeksi,”jelasnya.

Lebih lanjut Airin mengatakan, dana kelurahan sangat membantu para kepala daerah tingkat kota.”Yang tentu ini sangat membantu kami para pemerintah kota yang bergerak di perkotaan untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dana kelurahan sifatnya hampir sama dengan dana desa, yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan. Nantinya dana akan langsung diberikan ke setiap kelurahan untuk menjalankan program sesuai kebutuhannya.

Untuk nominalnya, Airin belum mengetahui berapa besarannya. “Kami belum tahu nominalnya, kami berharap d iawal tahun sudah bisa terealisasi, “singkatnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan akan mencairkan dana kelurahan di awal 2019. “Mulai tahun depan, perlu saya sampaikan, terutama untuk di kota, ada yang namanya anggaran kelurahan,” ujar presiden.

Program baru itu, lanjut Jokowi, dikeluarkan pemerintah karena banyaknya keluhan dari masyarakat terkait anggaran di tingkat kelurahan.”Banyak keluhan, Pak ada dana desa, kok enggak ada dana untuk kota. Ya sudah, tahun depan dapat,” lanjut Jokowi,

Program dana desa sendiri akan disempurnakan pemerintah. Tahun depan, pemerintah akan menerbitkan kebijakan terkait operasional dana desa yang mengatur penggunaan dan fungsi dana desa agar semakin tepat sasaran.

“Sebentar lagi akan kita revisi peraturan pemerintahnya, baru kita hitung-hitung, enggak tahu dapat 5 atau 4 persen. Nanti akan kita putuskan,” ujar Jokowi. (irm)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!