50 Peserta Belajar Teknik Merangkai Bunga dan Janur

Diterbitkan  Rabu, 24 / 10 / 2018 22:45 - Berita Ini Sudah :  242 Dilihat

CIPUTAT- Sedikitnya 50 peserta dari kalangan remaja laki-laki dan perempuan mengikuti pelatihan merangkai bunga dan janur. Pelatihan ini mengingkatkan skill sekaligus mengikis waktu luang menjadi uang melalui Pembinaan Kelompok Masyarakat Pembangunan Desa/Kelurahan “Pelatihan Merangkai Bunga dan Pembuatan Janur”.

Kasi Penguatan Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat, DP3AKB, Susilawati menjelaskan, kegiatan ini dari usulan tingkat kecamatan saat musyawarah rencana pembangunan tahun lalu. Respon peserta cukup baik pembekalan pelatihan kreativitas ini yang juga dihadiri Lurah Ciputat Cecep Iswadi.

“Kegiatan ini prioritas Kecamatan Ciputat yang mana pesertanya terdiri dari tim pengerak PKK kecamatan dan kelurahan serta Karang Taruna. Targetnya meningkatkan taraf ekonomi,” katanya di Aula Kelurahan Ciputat, Rabu (24/10).

Dengan memiliki keterampilan, tidak lagi bingung apa yang harus dilakukan saat ada waktu luang. Pelatihan ini termasuk stimulan mengasah rangsangan otak remaja yang aktif di Karang Taruna untuk bereksplor memunculkan ide-ide brilian.

“Kami beharap dengan keterampailan ini, misalnya Karang Taruna tadinya belum ada kerjaan belum ada kegiatan, mereka termotivasi  untuk inovasi-inovasi agar kedepan tidak ada waktu terbuang,” harapan Susilawati.

Diingatkannya, tak perlu khawatir keterampilan merangkai bunga dan janur ini tidak dilirik orang. Pasti akan terpakai, jika sudah ada hasil karya yang terpenting aktif jangan merasa minder. Minimal lingkungan sektiar saat ada orang hajatan bisa mencoba melakukan itu.

“Kalau di Tangsel, lingkupnya kecil misalnya tetangga hajatan, karena Karang Taruna selalu terlibat di semua kegiatan, maka minimal ilmunya bisa terpakai di sektiar lingkungan,” tambah ia.

Harga jual cukup mahal, satu rangkaian bunga yang cukup indah, cocok ditemapatkan di rumah, kantor atau tempat hajatan. Harga biasanya mengikuti jenis bunga yang disajikan. Dalam satu vas bunga terdiri dari berbagai macam jenis bunga indah.

“Rangkaian bunga diperkirakan 250 ribu, yang kecil sedangkan ukuran besar lebih mahal. Harga tergantung jenis bunganya misalnya bunga lili harganya cukup mahal. Sedangkan kekuatanya tiga hari,” sambil menunjukan hasil kreasi peserta di atas meja.

Salah satu narasumber, Lela Rafidi menyampaikan, dirinya sudah sering memberikan materi pelatihan di berbagai tempat, di hotel dan di dinas-dinas. Berbicara bunga, pasti para wanita cinta, karena bunga memberikan keceriaan. “99 persen wanita itu suka bunga,” katanya.

Bunga-bunga yang disajikan dalam pelatihan itu di antaranya, bunga lili, bunga pikok, mawar, aster, krisan, ruskus. Terpenting bagaimana mengetahui teknis dasar, cara memotongan, penyajian dan lain-lain. Dengan teknik ini menentukan kualitas baik kekuatan bunga tidak cepat layu sekaligus tampilan apalah oval, segitiga dan lain-lain.

“Kita kasih teknik dasar cara-caranya, bahan bakunya apa saja yang diperlukan. Mereka minimal tahu,” imbuh wanita pengusaha bunga papan ini. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!