250 Wanita Ikuti Tes IVA Deteksi Dini Kanker Serviks


Persatuan Istri Insinyur Indonesia HUT ke 51

Diterbitkan  Rabu, 24 / 10 / 2018 22:18 - Berita Ini Sudah :  2534 Dilihat

PONDOK AREN-Persatuan Istri Insinyur Indonesia (PIII) berikan pelayanan gratis cek kesehatan kanker servisk bekerja sama dengan Dinas Kehatan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan PT Brantas Abipraya. Sedikitnya ada 250 melakukan tes di Puskemas Parigi Pondok Aren.
Seminar Kesehatan “Mencegah dan Mendeteksi Kanker Serviks Sedini Mungkin Melalui Tes IVA untuk Kesehatan Perempuan Indonesia”, digelar dalam rangka HUT ke 51 Persatuan Istri Insinyur Indonesia (PIII)di Aula Kecamatan Pondok Aren, yang dihadiri Camat Pondok Aren, Makum Sagita, Ketua GOW Tangsel Hj Fathiyah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Tangsel, Khaerati dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, serta Ketua PIII Ir. Nia Wardini Sa’id Didu serta jajarannya, Kepala UPT Puskemas Parigi Ia Solihat.
Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany tiba sekitar pukul 12.00 WIB. Ia memberikan ucapan terima kasih atas semangat para ibu-ibu yang tergabung dalam PIII. “Terima kasih banyak PIII yang elah mengelar sosialisasi, dan tak pernah bosen memperingatkan saya untuk selalu menjaga kesehawatan para wanita agar terhindar dari kanker serviks,” pesan Airin.
Ketua PIII Ir. Nia Wardini Sa’id Didu menjelaskan ini kegiatan yang kedua kalinya mengingat penting mengingatkan bagi para wanita segera mengecek kanker serviks agar dapat diketahui.
“Berawal kita berinteraksi bersama beberapa dinas terkait kemudian ditunjuk lokasi Pondok Aren karena dari segi lokasi, dan sarana pendudung,” katanya.
Kali ini diperiksa lebih dari 250 orang warga Perigi Baru dan Lama. Pihaknya menargetkan melakukan hal yang sama di seluruh Indonesia. Jegiatan ini berkaitan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun PIII yang ke-51. “Targetnya seluruh Indonesia. Kegiatan ini dalam dalam rangka 51 tahun Persatuan Istri Insinyur Indonesia (PIII). Kegiatan ini bekerjasama dengan PT Brantas Abipraya,” tambah ia.
Bukan hanya itu, rangkain lain berupa sosialisasi PAUD, tentang kegiatan lingkungan hidup membuat MCK di Bogor dan komunitas Tuna Netra di Pondok Cabe itu semua menjadi satu kesatuan perayaan hari jadinya tersebar di beberapa titik. Kehadiran PIII berupaya selalu memberikan kontribusi kepada kalangan perempuan dan masyarakat secara luas.
“Tentu kami sebagai organisasi perempaun ingin berbuat banyak kepada perempuan apalagi kanker serviks adalah salah satu penyakit yang membuat momok kaum perempuan dan alhamdulillah semua menjadi koperatif karena ternyata ada tes IVA sangat praktis dan hasilnya cepat diketahui,” katanya.
Ia menambahkan, kanker serviks penyakit yang cukup berbahaya, maka dari itu segera diketahui melalui deteksi dini. Langkah deteksi dini adalah upaya menyelematkan nyawa dari ganasnya kanker serviks pada perempuan yang mengancam kematian.
“Bagi kalangan perempuan kanker serviks sangat mengerikan, bukan hanya wanita. Untuk menghindari kanker serviks maka para suami tidak berganti pasangan, harus setia, bikin istri terus bahagia, bahagia tidak hanya dengan materi tapi lahir batin,” tambah ia.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Tangsel, Khaerati menyampaikan pengecekan dini satu langkah tepat. Ia juga mengajak kepada para suami peduli terhadap istrinya menjaga kesehatan dan segera mengeceknya.
“Ini satu hal yang membahagikan oleh kita untuk mensosialisasikan kegiatan deteksi dini kanker serviks dengan IVA tes dalam waktu yang sangat cepat. Pencegahan tidak berganti-ganti pasangan,” pesannya
Ketua GOW Tangsel, HJ Fathiah merasya bersyukur bahwa program HUT PIII melaksanakan program bakti sosial di Tangsel yang kedua kalinya sebanyak 250 orang. Karena penyakit kanker servisk sangat berbahaya khususnya wanita. “Sudah banyak wanita di Indonesia terkena, maka lebih dini melakukan pencegahan, tes IVA agar dapat dideteksi stadium satu, dua dan tiga. Para suami harus mendorong istrinya memeriksa,” saraanya.
Camat Pondok Aren, Makum Sagita, menyampaikan apresiasi di tengah kesibukan para istri insinyur masih menyempatkan agenda sosialisasi IVA tes untuk mendeteksi dini kanker rahim untuk kesehatan khususnya wanita yang sudah bersuami. “Saya selaku Camat Pondok Aren merasa bergembira sekali adanya kegiatan seperti ini harapan ke depan adalagi,” tutupnya. (din).

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!