Rawan Kecalakaan Saat Menyebrang

Diterbitkan  Rabu, 24 / 10 / 2018 22:18 - Berita Ini Sudah :  222 Dilihat


Jalan Dewi Sartika Ciputat Dibangun JPO
CIPUTAT-Kurangi angka kecelakan di Jalan Dewi Sartika Ciputat, dipasang Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) persisnya depan Ramayana Ciputat. Pemasangan di tiga titik, oleh PT Giga Company yang ditarget akhir tahun ini dimulai.
Perwakilan PT Giga Company Deni Hidayat menyampaikan, tengah menumpulkan persyaratan untuk diajukan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan dibubuhi persetujuan warga. Sinyal dari pemerintah kota sudah diberikan.
“Tahapannya sudah mendapatkan rekomendasi pemerintah kota, dan kami tengah menumpulkan persyaratan persetujuan warga untuk diajukan ke pemerintah pusat ke Balai Besar Kemen PUPR yang menangani drainase,” kata Deni usai mengelar pertemuan dengan warga di Kelurahan Ciputat kemarin, Rabu (24/10).
Hadir Lurah Ciputat Cecep Iswadi, Lurah Cipayung Saiful Bahri dan masyarakat, para RT/RW, serta Bhabinkamtibmas Kelurahan Ciputat Aiptu Kustam Supriyanto dan Peltu Indra Jaya dari Koramil 05 Ciputat. Lebih lanjut ia menambahkan, rencana ada tiga titik, pertama Ramayana mencakup wilayah Kelurahan Ciputat dan Cipayung, kedua Mega Mall Cempaka Putih dan dan Kelurahan Pidangan, ketiga pertigaan Kampung Utan samping UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kelurahan Cempaka Putih dan Pisangan.
“Priortitasnya depan Ramayana karena kebutuhan masyarakat tinggi terus pemerintah Kota Tangsel juga suport. Sementara untuk pembangunan dua titik berikutnya, tepatnya kapan, belum itu nanti setelah yang di depan Ramayana,” tambah ia.
Dua titik, khususnya di depan UIN ditargetnya persis sebrang Rumah Sakit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memudahkan para mahasiswa menyebarang. Hanya saja dari pihak UIN menilai ditinjau dari estetika kurang pas, akhirnya bergeser ke sisi timur depan pintu masuk kampus UIN atau pertigaan Kampung Utan.
“Jika di geser ke sebelah barat, tidak boleh karena ada JPO yang terbeng kalai, sementara di depan UIN sendiri menurutnya kurang pas secara estetika. Pilihannya di samping Kampung Utan.Demikian juga yang di depan Mega Mall, lalu lintas padat kawasan percetakan dengan adanya JPO sangat membantu,” tuturnya.
Adanya JPO terbengkalain terbangun sejak masa Kabupaten Tangerang itu, tentu menjadi acuan bagi pihak ketiga dalam membangun penyebrangan. Tidak hanya mencari keuntungan semata, tapi bagaimana bisa berfungsi secara tepat. Ini yang perlu dipikirkan bersama baik pemerintah daerah dan pusat serta pihak ketiga selaku pemodal.
Lurah Ciputat Cecep Iswadi mengutarakan, sangat berharap JPO ini cepat dibangun karena kebutuhan masyarakat sangat mendesak. Beberapa kejadian orang menyebrang sembarangan sangat beresiko dengan volume kendaraan sangat padat di sepanjang jalan itu. Apalgi saat sedang sepi, baik kendaraan yang turun dari flyover atau yang akan naik flyover umumnya berkecepatan tinggi.
“Jadi sangat antusias masyarakat berharap JPO ini segera jadi. Supaya tidak mubadzir kita yang nentuin titik, tidak ditentuin sama mereka. Berkaca dulu membangun JPO mubadzir yang dekat UIN. Mudah-mudahan dengan JPO ini keselamatan masyarakat terjamin. Satu sisi bisnis akan diuntungkan dapat meningkatkan usaha mereka,” ucapnya.
Demikian disampaikan oleh Lurah Cipayung, Saiful Bahri menyampaikan masyarakat dapat menyaksikan pembangunan JPO. Usulanya sudah lama oleh pengembang dan baru dikumpulkan bersama masyarakat.
“Ini salah satu penyediaan sarana publik oleh pemerintah. Jika sudah ada pembangunan oleh pihak swasta maka pemerintah bisa pembangunan di tempat lain sebagai pemenuhan kebutuhan publik. Beberapa waktu lalu, ada yang meninggal di lokasi akibat kecelakaan,” tuturnya.
Manfaatnya banyak, keselamatan, ekonomi mendongkrak, dan ketiga partisipasi pengusaha yang ada di lingkungan setelah ada JPO harus ada. “Supa pelau usaha yang ada di kawasan itu membantu melalui dana CSR untuk masyarakat sekitar,” pintanya. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!