Benyamin: Dari Saya Kecil Sampai Punya Dua Cucu, Pasar Ciputat Tak Berubah


Desain Pasar dari Usulan Pedagang

Diterbitkan  Kamis, 25 / 10 / 2018 23:09 - Berita Ini Sudah :  260 Dilihat

REVITALISASI PASAR CIPUTAT: Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie terlihat menghadiri acara Konsultasi publik KPBU pembangunan pasar Ciputat di Intermark BSD, Kamis (25/10). Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan kerjasama dengan badan usaha dlama penyediaan Infrastruktur pasar Ciputat,

SERPONG-Bau amis menyengat di Pasar Ciputat. Lumpur tebal dan air berwarna hitam menambah kumuh pemandangan. Dipastikan kondisi ini tak terlihat lagi di 2019 mendatang.

Pasar Ciputat bakal direvitalisasi. Tahapannya sudah masuk pra studi kelayakan. Dana revitalisasi digelontorkan pemerintah pusat. Pemkot Tangsel serius untuk mengubah wajah salah satu pasar tradisional di Kecamatan Ciputat ini.

Keseriusan Pemkot untuk merevitalisasi Pasar Ciputat itu dibahas pada Konsultasi Publik Proyek Kerjasama Pemerintah Daerah Dengan Badan Usaha (KPBU) Dalam Penyediaan Infrastruktur Pasar Ciputat di Intermark BSD, kemarin.

Di acara itu, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie bercerita banyak soal Pasar Ciputat. Menurutnya, sejak dia masih muda dulu, hingga kini tak ada perubahan sama sekali dengan Pasar Ciputat.

“Dari saya kecil sampai saya punya cucu dua, begitu-begitu saja, tidak ada yang berubah. Maka dari itu mari kita ubah Pasar Ciputat,” ajaknya.

Dia menerangkan, pembangunan pasar itu nantinya menyediakan kios lebih banyak mencapai seribuan, sementara data yang ada saat ini tercatat sekitar 770. Memperbanyak pembangunan kios agar menampung lebih banyak pedagang. Usulan dari para pedagang akan menjadi acuan dalam mendesain pasar nantinya.

“Revitalisasi pasar Ciputat rencananya sudah sejak lama. Jumlah kios yang dibangun melebihi jumlah sekarang, sehingga dapat menampung lebih banyak pedagang,” sambung Benyamin.

Yang bakal disiapkan Pasar Ciputat usai direvitaliasi di antarnya adanya rumah potong hewan, gedung pertokoan, parker, tempat makan, serta taman bermain. Ini semua untuk membuka peluang kesempatan berusaha bagi masyarakat Kota Tangsel.

“Skema kerjaan dengan badan usaha KPBU Direktorat Kerjasama pemerintah swasta dan rancang bangun Kementerian Perencanaan Pengembangan Nasional. Tahapan penyusunan pra studi kelayakan yang akan dibangun pada 2019-2020,” tambah Benyamin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Maya Mardiana menjelaskan, alasan mengapa memilih Pasar Ciputat untuk direvitalisasi, sementara banyak pasar-pasar yang lain di Tangsel yang kondisinya juga kumuh. Satu sisi Pasar Ciputat cukup dikenal, besar, dan letaknya strategis. Namun di sisi lain,  dari dulu hingga sekarang, tidak ada perubahan signifikan, karena penyakitnya masih sama kemacetan dan lain-lain.

“Pasar Ciputat terbesar di antara pasar-pasar yang ada di Tangsel. Namun memiliki banyak permasalahan seperti kemacetan, kebersihan, penataan lokasi dan lain-lain. Maka ini menjadi target Ibu walikota melalui RPJMD akan dilakukan revitalisasi dengan banyak metode,” katanya.

Maya menambahkan, setelah direvitalisasi, Pasar Ciputat tetap masih dapat bersaing dengan pasar tradisional yang lain dengan harga kompetitif. Terpenting jika kondisi, membaik persoalan di pasar seperti keamanan, maka sirkulasi perekonomian akan lebih baik.

Dalam penerapan renovasi, pihaknya akan tetap memprioritaskan para pedagang tetap berjualan supaya tidak menghilangkan pelanggan mereka. Caranya dengan berupaya bagaimana melakukan pembangunan, namun aktivitas pedagang tetap berjalan.

“Saat reviltasilasi pedagang masih tetap berjualan. Diusahakan mereka tidak terganggu. Bagaimana caranya nanti akan dilakukan. yang dimaksud modern itu penataan bangunan, kebersihan, keamanan itu masuk katagori. Sedangkan tradisional mencakup ada transaksi, tawar menawar jual beli, orangnya datang. Jadi konsepnya pasar tradisional berkonsep modern,” tambah ia. (din)

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!