Brakk! Longsor Timbun Rumah Warga Muncul

Diterbitkan  Senin, 29 / 10 / 2018 23:18 - Berita Ini Sudah :  229 Dilihat

SETU-Raut wajah Abdul Rojak (32) masih terlihat shock. Baru setahun menempati rumahnya, tapi kini kediamannya itu hancur berantakan. Hujan deras pada Minggu (28/10) malam, membuat rumah warga RT 08/03 Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu ini tertimbun longsor.

Meski tak ada korban jiwa, tapi menyisakan kesedihan mendalam. Abdul Rojak beserta keluarganya terpaksa mengungsi ke rumah orangtuanya di Sengkol, Kecamatan Setu.

“Sebentar ya mas, saya mau cari kabel dulu,”  ucap Rojak ketika Tangsel Pos berkunjung ke rumahnya yang terkena longsor itu, kemarin.

Kemudian ia meluncur dengan sepeda motor.  Sekitar lima belas menit kemudian, Rojak kembali membawa kabel gulungan warna putih. Lalu kabel tersebut diserahkan kepada petugas yang tengah mengevakuasi bahan material.

“Kalau kabel ini pasti kuat tidak terbakar. Tapi kalau kabel yang pertama tidak kuat, karena terlalu kecil,” tutur salah satu petugas sambil berlalu masuk ke dalam ruang tamu rumah Rojak yang ambruk tertimpa longsoran.

Rojak kembali melanjutkan ceritanya, selama tinggal sejak setahun silam tidak pernah mengalami hal-hal aneh. Baru kali ini saja, dirinya mengalami hal yang diluar predikisi. Kendati ia utarakan sejak awal membeli rumah itu ada prasangka tidak enak jika nanti bakal terjadi longsor.

“Sejak awal sudah ada kekhawatiran ada longsor, dan ternyata setelah satu tahun terjadi.  Atas kejadian ini sementara waktu saya akan ke rumah orangtua sampai benar-benar aman. Kalaupun saya kembali rasa was-was akan datang longsor kembali,” katanya dengan nada cemas.

Saat kejadian, dirinya bersama sang istri,Suminah (22) serta dua anaknya Taufik Fauzan (6) dan Anjani (4) tengah tertidur pulas. Tiba-tiba mendengar bunyi cukup keras, sontak dirinya bersama sang istri bangun dan keluar kamar. Sementara bahan material tanah sudah di ruang tamu menjebol tembok sebelah kanan.

“Kabarnya sebelah kiri, sementara longsoran sebelah kanan tembok sampai jebol dan tanah masuk ke dalam. Begitu kejadian saya keluar kondisi kaget dan langsung lapor kepada RT,” tuturnya.

Pagi harinya sekitar pukul 09.00 WIB, Trantib Kecamatan Setu serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun melakukan evakuasi. Sekitar pukul 11.00 WIB urah Muncul H Ahmad mendatangi lokasi.

“Agar aman, perlu diturap, semoga pemerintah mau mengupayakan itu karena banyak rumah di bawah tebing di sektiar sini,” tutur Rojak.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangsel, Chaerudin menjelaskan, tindakan yang dilakukan koordinasi dengan Kelurahan Muncul dan Kecamatan Setu serta instansi terkait lainnya melakukan bantuan evakuasi barang-barang ke tempat yang lebih aman.

“Pada hari ini Senin (kemarin) bersama dengan kelurahan serta Kecamatan Setu dan Dinas Pekerjaan Umum melakukan kerja bakti memberishkan rumah dari longsoran tanah serta menebang pohon-pohon yang berpotensi roboh menimpa bangunan di bawahnya,” kata Chaerudin. (din)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!