Tol Serpong-Cinere Capai 90 Persen

Diterbitkan  Selasa, 30 / 10 / 2018 22:38 - Berita Ini Sudah :  317 Dilihat

SERPONG- Pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere (Sercin) ditargetkan akan selesai pada April 2019. Kini progresnya, sudah mencapai 90 persen. Sedangkan sisa 10 persen dari pembangunan tersebut yaitu pembebasan lahan sejumlah bidang tanah.

Sekretaris Pelaksana Pengadaan Tanah yang juga Kasubsie Fasilitasi Pengadaan Tanah dan Penetapan Tanah Pemerintah BPN Tangsel, Hodidjah membenarkan adanya lahan belum dibebaskan hingga menjadi kendala pembangunan tol.

“Presentase sebesar 90 persen yakni 1901 yang sudah terealisasi dari rencana sebanyak 2117 bidang dan menghabiskan anggaran sekitar Rp 2 Triliun. Sedangkan 10 persen sisanya merupakan hambatan-hambatan yang terjadi, seperti 89 bidang di Pondok Cabe Udik yang pembebasannya masih terkendala,” ujarnya, kemarin.

Alasan terkendalanya pembebasan lahan, sebut Hodidjah, diantaranya warga pasif dan sengketa kepemilikan. Mungkin juga ketidakcocokan harga, tapi warga tidak mengajukan keberatan.

“Inilah yang menjadi hambatan. Tapi hingga saat ini, kami pun masih turun ke lapangan untuk menyisir bidang mana saja yang masih terkendala,” ujarnya.

Kemudian, bagi warga yang tidak memberikan berkas persetujuan pembebasan lahan,  akan dikonsinyasi atau diputuskan hubungan hukum di Pengadilan Negeri.

“Selain 89 bidang di Pondok Cabe Udik, masih ada beberapa yang terkendala diantaraya, 1 bidang berlokasi di Jombang, 45 di Serua, 21 di Serua Indah, 8 di Ciputat, 9 di Cipayung 9, 34 di Bambu Apus, 4 di Pamulang Barat dan 5 di Pamulang Timur,” ungkapnya.

Selain soal pembebasan lahan, dia juga cukup menyayangkan soal wakaf yang menjadi kewenangan Kementrian Agama.

“Pengerjaan tol sudah mau selesai, tapi wakaf baru mau diurug seolah-olah menghambat proses pengerjaan. Padahal, untuk wakaf, jika belum dapat ganti belum bisa digusur dahulu,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!