Festival Permainan Tradisional Digelar

Diterbitkan  Rabu, 31 / 10 / 2018 22:45 - Berita Ini Sudah :  266 Dilihat

SETU-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Festival Bermain Kreatif dan Seni Tradisional di Lapangan Puspitek, Setu, Tangsel pada Rabu (31/10).

Kepala Dindikbud Tangsel Taryono, jaman berubah dan generasi boleh berganti, namun kelestarian mengenai permainan tradisional adalah tanggung jawab bersama untuk melestarikannya dan menjaganya.

Masing-masing daerah tentunya memiliki permainan tradisional khas mereka masing-masing. Dimana tradisi, budaya dan permainan tradisional tersebut akan diwariskan secara turun temurun.

“Untuk itulah menanamkan kebanggaan dan mencintai dengan sepenuh hati akan warisan tradisional budaya termasuk permainan tradisional di dalamnya patut diperkenalkan sedini mungkin,” jelasnya.

Anak-anak dan masyarakat perlu diberikan pemahaman bahwa Peninggalan budaya kita mencerminkan nilai-nilai moral bangsa kita dan identitas kita di tengah masyarakat luar.

“Maka sudah sepatutnya kita memperkenalkan, melestarikan dan mencintai yang kita miliki agar tidak termakan oleh jaman yang kian maju,” ungkapnya.

Dindikbud Tangsel berupaya mengembangkan Kegiatan Festival Budaya Permainan Tradisional dengan tujuan menanamkan pendidikan karakter dan pekerti bangsa yang dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal pada masyarakat demi terwujudnya Kota Tangsel sebagai Kota yang Cerdas, Modern dan Religius.

Dalam kegiatan ini diperlombakan 5 jenis permainan yaitu Hadangan peserta 71 siswa, Dagongan 56 siswa, Egrang 32 siswa, Tarik Tambang 83 siswa dan Terompah Panjang (bakiak) 43 siswa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ragam permainan tradisional kepada siswa-siswi. Memotivasi dalam menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap permainan tradisional yang ada di Kota Tangsel. Serta menanamkan pendidikan karakter dan pekerti bangsa yang dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal pada masyarakat,” singkatnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!