Pentingnya Edukasi Berita Hoax kepada Masyarakat

Diterbitkan  Kamis, 01 / 11 / 2018 22:10 - Berita Ini Sudah :  275 Dilihat

SERPONG-Kepala Bidang Pengelolaan Informasi, Komunikasi dan Kehumasan pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangsel Irfan Santoso, menjadi narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Polres Tangsel, bertempat di Polres Tangsel, Kamis (1/11). FGD kali ini digelar dengan mengambil tema hate speech dan hoax.

Irfan Santoso, menjelaskan, bahwa hoax merupakan fenomena baru yang berdampak sangat luas yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas.

“Kita akan menghadapi pesta demokrasi, tentunya harus didukung situasi yang aman dan kondusif agar agenda nasional ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar,”ungkapnya.

Irfan menyampaikan, menyampaikan tentang pengertian hoax adalah suatu kepalsuan yang sengaja dibuat untuk menyaru sebagai kebenaran dengan tujuan tertentu. Lebih lanjut disampaikan bahwa penyebaran hoax paling tinggi adalah melalui media sosial, sementara isu yang diangkat paling banyak adalah dibidang sosial politik, Sara dan masalah kesehatan.

Selain itu juga dijelaskan tentang cara mendeteksi hoax serta dampak yang ditimbulkan, juga disinggung tentang konsekuensi hukum bagi para pelaku hoax berdasarkan UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE yang telah direvisi menjadi UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008.

“Saya berharap dengan adanya FGD ini, unit binmas (pembinaan masyarakat) bisa terjun ke masyarakat memberikan pembinaan atau edukasi tentang hoax dan hate speech. Agar tidak termakan isu kebohongan, khususnya di tahun politik ini,”ungkapnya.

Kanit Binmas Ipda Hartoyo, menjelaskan, secara pribadi dirinya mengajak bersama-mana mencari cara untuk usaha Kantibmas dalam hal pemberian informasi.“Di tahun politik, kita hindari berita hoax.” Tegasnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!