Tampil di Piala AFF


Timnas Tanpa Uji Coba

Diterbitkan  Kamis, 01 / 11 / 2018 22:52 - Berita Ini Sudah :  286 Dilihat

JAKARTA-Tim Nasional (Timnas) Indonesia memulai persiapan menuju Piala AFF 2018, hari ini. Tapi, Tim Merah Putih ini tidak memiliki rencana menggelar uji coba.

Diketahui, para pemain dijadwalkan mulai berkumpul Kamis (1/11) dan akan menjalani latihan mulai Jumat (2/10) di Cikarang, Bekasi. Untuk persiapan Piala AFF, PSSI pun telah memanggil 23 pemain.

Dalam pembagian grup di Piala AFF tahun ini, Merah Putih tergabung di Grup B bersama Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Filipina. Dari babak grup itu, hanya juara dan runner-up yang akan lolos ke babak semifinal.

Merah Putih sendiri menggarungi Piala AFF akan dibesut Bima Sakti yang menggantikan Luis Milla. Bima akan bekerja bersama-sama Kurniawan Dwi Yulianto dan Kurnia Sandi. Mereka jebolan Primavera.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengatakan, meski mulai berlatih Jumat ini, pihaknya tidak akan mengagendakan laga ujicoba.

“Tidak ada rencana uji coba lawan tim luar. Kami langsung fokus bertanding, karena waktunya sudah dekat. Tanggal 6 November kita sudah langsung ke Singapura,” papar Joko.

Di laga pertama, Garuda akan menghadapi Singapura pada 9 November di National Stadium, Singapura. kemudian berlanjut menghadapi Timor Leste di kandang.

Laga ketiga dijalani dengan menghadapi Thailand dan berlanjut menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dalam pemusatan latihan sebelumnya, timnas menjalani tiga kali uji coba. Catatannya cukup baik, dua kemenangan dan satu kali imbang. Menang 1-0 atas Mauritius pada 11 September.

Lalu, menang 3-0 lawan Myanmar pada 10 Oktober, dan imbang 1-1 lawan Hongkong pada 16 Oktober.

Sementara, Riko Simanjuntak akan menjalani debut di Piala AFF 2018 cukup senang. Tak buang waktu, pemain Persija Jakarta itu sudah bergabung di Cikarang usai menerima surat pemanggilan.

Pemain berusia 26 tahun tersebut tengah bersuka cita. Kesempatan untuk mengenakan jersey timnas di ajang kompetitif terwujud.

“Saya dapat kabar pertama dari media, tapi belum percaya sepenuhnya karena beluma ada surat resmi, manajemen juga belum bilang,” ujarnya.

Kabar dari media justru menjadi polemik. Manajemen klub sempat keberatan untuk melepaskan sang pemain karena klub sedang menjalani periode krusial di Liga 1 2018. Selain Riko, Macan Kemayoran juga harus melepas kiper utama, Andritany Ardhiyasa.

Ya, tak seperti di liga lain, Liga 1 tetap bergulir kendati timnas tengah menjalankan tugas. Situasi itu kerap menjadi tarik ulur antara PSSI, operator, dan klub. Skuat kini sedang dalam perburuan gelar juara, bersaing ketat dengan PSM Makassar dan Persib Bandung.

 

Keraguan itu sirna saat salah satu petinggi klub menghubungi lewat pesan pendek dan memastikan lewat situs resmi PSSI.

“Manajemen klub kasih selamat, mereka berpesan agar bawa timnas lebih baik lagi. Juga memberi doa,” ujar dia.

Riko pun optimistis bisa segera klop dengan rekan satu tim dan dengan pelatih Bima Sakti. Bukan apa-apa, Riko pernah dipoles Luis Milla saat menjalani laga uji coba dengan Mauritius dan menang 1-0. Selain itu, atmosfer bertarung di kompetisi di level regional pernah dijalaninya saat tampil di AFC Cup.

“Seenggaknya saya memiliki pengalaman di AFC Cup. Kalau soal kerja sama dengan coach Bima Sakti enggak jauh berbeda dengan coach Luis. Jadi tidak akan kagoklah,” ujar pemain yang berposisi  di winger kanan ini.(dtc/cmb)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!