Galeri UMKM Tangsel Diresmikan

Diterbitkan  Selasa, 06 / 11 / 2018 21:00 - Berita Ini Sudah :  202 Dilihat

SETU-Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany meresmikan galeri sentra pemasaran produk UMKM berlokasi di Ruko Boulevard Blok A19, Setu, Selasa (6/11).

Airin mengatakan, dengan adanya sentra pemasaran tersebut merupakan kesempatan baik bagi pelaku UMKM dan koperasi untuk dapat mengembangkan dan menguatkan kapasitas serta meningkatkan akses pasar..

“Ini merupakan bentuk lain komitmen Pemkot Tangsel dalam memajukan umkm dan koperasi yaitu dengan membantu mempromosikan produk unggulan,” ujarnya.

Dengan adanya gerai ini diharapkan dapat menjadi tempat promosi produk UMKM. “Buatlah produk yang unik dan memiliki kelebihan dibandingkan produk lain yang sejenis. Pesaing tentu ada dimana-mana, jika produk yang tawarkan tidak memiliki kelebihan, maka akan sulit untuk bersaing,” tambahnya.

Produk yang dijual juga harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kebutuhan konsumen juga ikut berubah sehingga, inovasi harus selalu dilakukan secara berkala.

Banyak UMKM yang sulit memasarkan karena keterbatasan dalam membaca selera pasar, mengenali kompetitor, mengenali kelemahan produknya sendiri. Keterbatasan tersebut berjalan sendiri tanpa dibantu oleh ahlinya dalam produksi maupun pengawasan dan hal tersebut yang menyebabkan hilangnya kepercayaan pasar.

“Sentra pemasaran ini diharapkan dapat menawarkan berbagai produk unggulan yang bisa menjadi buah tangan bagi wisatawan saat mengunjungi Kota Tangsel,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangsel Dahlia Nadeak mengatakan, galeri tersebut merupakan sentra pemasaran ketujuh yang ada di Tangsel. “Galeri ini menampung 82 pelaku UMKM  dengan 135 produk,” ujarnya.

Dahlia menambahkan, galeri tersebut buka setiap hari dan pada pagi hari akan dijadikan pusat jajan yang menjual menu-menu saparan. Sedangkan khusus hari minggu akan ada senam bersama dan sharing tentang produk UMKM. “Saya berharap masyarakat mau datang dan jajan, tempat ini strategis, banyak perkantoran dan lalu lintas padat,” tambahnya.

Selain itu, saat malam hari juga akan dibuka cofie shop. Menurutnya, warga boleh taruk menaruk produk UMKM di galeri tersebut namun, dengan syarat harus jaga kualitas dan mutu. “Ada dua pegawai yang kita siapkan untuk menjaga dan semua pelaku UMKM boleh menitipkan produknya,” jelasnya.

Produk yang ada di galeri tersebut seperti, makanan, minuman, batik Tangsel, anggrek palsu dengan dengan bahan mote acrylic yang dijual dari harga Rp 100 sampai Rp 600 ribu.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!