Tuntaskan Amanah Sang Ayah


Arsid Raih Gelar Doktor di UNPAD

Diterbitkan  Rabu, 07 / 11 / 2018 23:16 - Berita Ini Sudah :  1241 Dilihat

PAMULANG- Mantan birokrat yang kini menjadi seorang politisi dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Arsid, resmi mendapatkan gelar Doktor Ilmu Administrasi Publik di Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung.

Arsid menyelasaikan studi doktoral selama hampir empat tahun dengan total 7 semester. Meski sempat tertunda sementara lantaran pada 2015 Arsid harus fokus sebagai Calon Walikota Kota Tangsel pada Pilkada 2015, jenjang pendidikan strata S3 ini dapat ditamatkan.

Setelah proses Pilkada selesai, Arsid melanjutkan studinya itu hingga selesai dan berhasil mendapatkan gelar Doktor. Demikian menyempurnakan jenjang karir pendidikan Perguruan Tingginya yakni pendikan Diploma 3 di Akademi Pendidikan Dalam Negeri (APDN) dan S1 di Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang serta S2 di Universitas Menara Siswa di Kota Bogor, dan S3 di UNPAD.

Bagi Arsid, menyelesaikan pendidikan S3 tersebut merupakan selesai juga menjalankan amanah dari sang Ayah yang memintanya untuk mengenyam pendidikan sampai tinggi.

“Alhamdulillah tadi pagi saya di wisuda gelar Doktor, dan selesai satu amanah dari sanga ayah yang menginginkan saya menempuh atau menyelesaikan pendidikan sampai tinggi,” tuturnya.

Ketika itu Arsid masih sangat remaja, dirinya sempat meminta dibelikan sepeda motor kepada ayahnya. Namun sang ayah justru menolak dengan mengatakan kalau ingin sepeda motor lebih baik berhenti sekolah, dan kalau memilih sekolah, maka harus menempuh pendidikan sampai selesai.

“Kata ayah saya waktu itu, kalau mau memilih pendiidkan harus sampai habis. Dan saya artikan sendiri bahwa pendidian sampai habis itu maksudnya sampai pada gelar Doktor, dan saat diwisuda itu, ada rasa haru, karena amanah ini selesai meski pun prosesnya panjang sekali,” ujarnya.

Arsid mengakui memang dalam proses menempuh pendidikan S3 tersebut butuh proses panjang. Karena kesibukannya sebagai pejabat daerah, yaitu jabatan terakhirnya Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Tangerang.

Tidak hanya sibuk sebagai birokrat, tetapi Arsid juga merupakan dosen tetap di Universitas Pamulang (Unpam) mata kuliah Teori Keorganisasian di beberpa fakultas yang ada di UNPAM. Namun demi menyelesaian sebuah amanah tersebut, Arsid pun rela mengorbankan banyak waktunya.

“Saya juga harus berbagi waktu dengan keluarga, karena harus sering pulang pergi ke Bandung, dan juga tentunya materi untuk biaya kuliah, yang mestinya bisa saja uang tersebu tuntuk memenuhi kebutuhan rumahtangga,” paparnya.

Pria yang juga terdaftar sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari daerah pemilihan Banten 3 (Tangerang Raya) dari PDI Perjuangan ini mendedikasikan capaiannya tersebut untuk seluruh keluarga tercintanya dan juga bagi masyarakat di lingkungan sekitar.

Arsid ingin memberikan pengalaman bagi siapa pun, bahwa pendidikan merupakan hal yang paling penting harus dimiliki. Sehingga, dengan capainnya saat ini dia bisa memberikan semangat tersendiri bagi keluarganya untuk terus menempuh pendidikan sampai tinggi.

“Terutama kepada anak-anak saya, saya selalu sampaikan ke mereka bahwa pendidikan itu hal yang sangat penting. Karena dengan berpendidikan lah kita bisa memberikan manfaat kepada banyak orang di sekitar kita. Dan dengan berhasil meraih gelar Doktor ini tentunya saya berharap menjadi motivasi sendiri bagi anak-anak saya agar terus sekolah sampai tinggi,” pungkasnya. (dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!