Pasar Ciputat Dikonsep Jadi Pusat Perekonomian

Diterbitkan  Kamis, 08 / 11 / 2018 21:13 - Berita Ini Sudah :  199 Dilihat

CIPUTAT-Tidak hanya soal mempercantik dan memindahkan pedagang, namun revitalisasi pasar ciputat akan dibuat sebagai pusat perekonomian, sosial dan pendidikan. Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Kamis (8/11).

Wakil Walikota Benyamin Davnie mengatakan revitalisasi bukan soal pembaharuan gedung. Tapi konsepnya menyeluruh, dari ekonomi, sosial dan pendidikan. Maksudnya, kawasan akan dibangun adanya apartemen, hotel, taman bermain, pusat kuliner untuk pedagang kaki lima dan sebagainya. ”Dana yang dibutuhkan sebesar Rp300 miliar. Dan konsepnya dibangun antara pemerintah dan swasta,” ucapnya.

Untuk prosesnya sendiri, pasar ciputat masih dalam kajian di pemerintah pusat. Apalagi, masih adanya pengelola pasar ciputat dan warga yang menempati aset. ”Kita masih melakukan kajian dulu. Bagaimana untuk menyelesaikan persoalan lahan yang masih dikelola PT Betania dan warga yang menghuni di aset milik pemerintah,” ucapnya.

Untuk pengelola, pihaknya meninjau perjanjian kerjasamanya. Apakah selama ini menunaikan kesepakatan kontrak atau banyak yang dilanggar. Kalau memang banyak pelanggaran, tak menutup kemungkinan akan diputus kontraknya.

Disisi lainnya, untuk warga yang menempati lahan negara, tercatat ada sekitar 20 persen dari luas tanah empat hektare yang akan dibebaskan. ”Soal ganti rugi, kami masih menunggu dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), bisa dibayar atau tidak,” katanya.

Target, akhir tahun 2019 sudah bisa mulai pembangunan dan selesai tahun depannya.

Sementara, pedagang sembako di belakang Plaza Ciputat Rahmat Suryana mengaku telah mendegar rencana revitalisasi. ”Kalau jadi, saya akan pindah. Kemungkinan ke luar kota,” ucapnya pria yang sudah berdagang selama 25 tahun tersebut.

”Pembangunan pasar ciputat, saya nilai tepat. Soalnya bangunannya lama dan pengelolaannya buruk,” singkatnya.(irm)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!