Tingkatkan Kualitas, ASN Tangsel Ikuti Sosialisasi Kepemimpinan

Diterbitkan  Kamis, 08 / 11 / 2018 21:13 - Berita Ini Sudah :  192 Dilihat

SERPONG-Dalam rangka peningkatan mutu sumber daya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Tangsel menggelar sosialisasi diklat kepemimpinan pemerintahan dalam negeri yang diikuti pejabat administrator dan pengawas, bertempat di Hotel Pranaya, Kamis (8/11).

Kepala Bidang Kepamongprajaan BPSDM Pusat, Erliani Budi Lestari, menjelaskan, sosialisasi kepemimpinan dalam negeri ini dilatarbelakangi oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 85 Tahun 2017 yang mengatur tentang pendidikan dan pelatihan kepemimpinan. Terbitnya peraturan tersebut diharapkan bagi pemerintah dalam negeri dan daerah dapat meningkatkan kompetensi Aparatur Negara.

“Pengembangan kompetensi Aparatur Negara kedepan seyogyanya dilakukan secara proporsional dan komperhensif. Kompetensi menegerial ,pemerintahan, sosial cultural, teknis menjadi kebutuhan ASN  yang saling melengkapi sehingga harus dilakukan secara berkesinambungan berdasar pada kebutuhan kompetensi jabatan,”ungkapnya.

Sosialisasi diklat kepemimpinan ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dilingkup Pemkot Tangsel. “Kompotensi sangat diperlukan untuk ASN, agar menjalankan jabatannya sesuai dengan fungsi dan pekerjaan dengan baik,”jelasnya.

Sementara Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, menjelaskan, sosialisasi ini mengenai peraturan menteri dalam negeri. “Setiap manusia tidak boleh berhenti puas akan dirinya sendiri, setiap waktu harus mampu atau bisa belajar agar lebih baik lagi sesuai dengan pedoman yang ada, tidak menyerah dan melakukan apa dan akan dilakukan, sosialisasi ini salah satunya, untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang ada dilingkup pemkot Tangsel agar terus menjadi aparatur negara yang lebih baik sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku,”ungkapnya.

Diklat ini harus mempunyai dampak pada peningkatan mutu aparatur sipil negara dan meningkatkan semangat pengabdian kepada masyarakat. “Paradigma sekarang sudah berbeda, paradigm pemerintahan sekarang berebda sebelum era reformasi. Sekarang kita yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memiliki tiga kemampuan yakni kemampuan menguasai secara teknis bidang tugas yang dijalani, kemampuan dalam menerangkan kode etik bidang tugasnya, kemampuan menjalankan komitmen dalam tugasnya. Semua ini harus dikuasai dan dimiliki oleh bapak ibu semua, kalau kurang belum maksimal,”jelasnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!