Airin Puji Deden Juardi Disela Lauching Pamor

Diterbitkan  Senin, 12 / 11 / 2018 21:26 - Berita Ini Sudah :  224 Dilihat

Satu-satunya Se-Banten SKDU Online di Kecamatan Pamulang
PAMULANG-Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany resmikan layanan Sistem Aplikasi Pamulang Modern (Pamor) di aula Kecamatan, Senin (12/11). Pamor memiliki enam layanan untuk memudahkan masyarakat mengurus perizinan.
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengapresiasi semangat Camat Pamulang Deden Juardi yang sudah menerapkan Pamor. Pamulang menjadi contoh untuk kecamatan lain, jika ini berhasil kecamatan seluruh Tangsel wajib mengikuti.
“Saya usulkan si pamor agar menjadi satu kesatuan. Jika Pamulang berhasil maka kecamatan yang lain harus mengikuti. Untuk itu mari bari berikan oplos kepada pak camat yang luar biasa,” katanya.
Salah satu cara memberikan kemudahan masyarakat dalam memperoleh pelayanan dengan cara online. Pamulang menjadi pelopor untuk kecamatan lain dan ini menjadi satu kebanggan bagi para lurah dan masyarakat Pamulang keseluruhan memiliki pemimpin yang berani dan memberikan kemudahan dalam segara urusan masyarakat kendati tidak semua dapat tercover salah satunya KTP.
“Bagaimana bisa mendekatkan kepada masyarakat melalui palikasi. Mayarakat bisa mengunakan aplikasi ini. Dari 6 aplikasi urusan KTP. Hanya KTP tidak masuk karena memiliki aturan sendiri. Jika Pamulang berhasil maka kecamatan yang lain harus mengikuti,” tuturnya.
Airin berpesan supaya Deden serta para staf serta seluruh lurah mendoung program ini. tujuan dukungan supaya benar-bener berjalan bukan berhenti setelah dilauching. Karena keberhasilan apabila aplikasi ini digunakan oleh masyarakat dan terus menerus menjelma menjadi solusi atas problema selama ini.
“Pengalaman saya di tingkat kota melaunching aplikasi ramai awal-awalnya saja. Jika kita tidak komitmen dan konsisten bagaimana kita mengedukasi aplikasi ini. Camat harus mengajak kepada para staf menggunakan aplikasi ini dan hal lain bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat,” pesan Airin.
Tangsel sudah cukup banyak aplikasi maka dirinya meminta agar Pamor ini dapat dikoneksikan dengan yang sudah ada. Pamor diharapkan juga dapat mengakomodir dengan pelayanan yang ada di lingkungan seperti KUA dan Puskemas. Airin mengaku yakin dengan selogan “Pamulang Bisa” harus bisa”. “Aplikasi ini bisa diintegrasikan dengan KUA dan puskemas,” imbuhnya.
Camat Pamulang Deden Juardi menjelaskan aplikasi sejalan dengan visi misi dan motto Tangsel Cerdas Modern dan Religius. “Kami berserta para lurah menghendaki pelayanan cepat. Teknologi sesungguhnya tidak menyulitkan tapi justru membantu kami. Terima kasih Kepada Diskominfo yang sudah membatu,” ucapnya.
Dari jumlah layanan di kecamatan yang mencapai lebih 20 pelayanan, 6 layanan di antaranya masuk di aplokasi Pamor ini. 6 layanan ini paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat, di antaranya layanan keterangan pindah penduduk datang, kedua pindah keluar dari Pamulang ke kota lain atau keluar Kecamatan Pamulang, ketiga surat keternagan waris dan keempat Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU). Kelima surat dispendasi nikah dan dan keenam surat domisili yayasan dan lainnya.
“Setelah ini dilaunching di kelurahan secara bertahap dengan menyampaikan ke wilayah. Jika 6 sudah bagus dan maskimal ke depan dapat dikembangkan lagi atau lebih banyak,” jelas Deden.
Aplikasi itu dapat di download atau bisa dikunjungi https://pamor.tangerangselatankota.go.id”Jika masyarakat sudah memahami dan menyiapkan segala persyaratan satu jam bisa selesai mengurus SKDU,” tambah Deden.
Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian (PTIKP) Diskominfo Tangsel TB Asep memaparkan layanan Pamor tujuan memperkuat pendek jarak waktu. Misalnya mengurus SKDU lebih mendapatkan kepastian bukan hanya waktu tetapi biaya setransparan mungkin.
“Masyarakat akan mengetahui tracking untuk mengetahui posisi berkas sudah sampai mana. Namun demikian mayarakat juga harus mempersiapkan persyaratan apa yang harus dilengkapi,” jelasnya.
Ia menambahkan Pamulang ini menjadi OPD yang pertama di Tangsel menerapkan secara rill sertifikat elektronik /tandatangan elektronik bahkan pertama di Banten. “Awalnya kami ragu karena banyaknya di tingkat dinas. Ternyata selogan bisa betul-betul terjadi di Kecamatan Pamulang. Bahkan di provinsi Banten baru ada di Kecamatan Pamulang pengurusan SKDU online,” imbuhnya. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!