Dua Penghargaan Sekaligus

Diterbitkan  Kamis, 15 / 11 / 2018 22:39 - Berita Ini Sudah :  254 Dilihat

SETU-Walikota Tangerang Airin Rachmi Diany kembali mendapat penghargaan. Kali ini, Airin menerima dua penghargaan Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia,di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Setu, Kamis (15/11). Dua penghargaan sekaligus tersebut yakni Natamukti dan Natamukti Nindya.

Penghargaan itu diberikan International Council for Small Business (ICSB) pada Puncak Penganugerahan Gebyar UKM Indonesia 2018 di Graha Widya Bhakti, Puspiptek Setu yang diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah  RI AAGN Puspayoga.

Airin pun mengatakan bahwa menjadi suatu kebanggan atas ditunjuknya Tangsel sebagai tuan rumah ketiga dalam kegiatan Gebyar UKM.  “Tangsel saat ini sudah menginjak hampir 10 tahun pada 26 November mendatang, kami adalah Kota termuda diantara 8 Kota/Kabupaten lainnya di Provinsi Banten,” ungkapnya.

Dirinya juga sempat meminta para tamu undangan yang berasal dari daerah lain untuk dapat berkunjung dan jalan-jalan di Kota Tangsel. “Kita berharap dari kegiatan ini banyak mendapatkan manfaat. Salah satu untuk mendapatkan dana insentif daerah yaitu penghargaan yang didapatkan. Mudah-mudahan ini jadi stimulan bagi kami untuk majunya Koperasi dan UKM di wilayah,” jelasnya.

Demikian sesuai dengan konsep “1 koperasi bisa menaungi 1000 UKM”. Bukan hanya kuantitas, tapi terpenting adalah kualitas. Bagaimana persoalan pemasaran? Kualitas produk dan permodalan perlu dorong.

“Mudah-mudahan koperasi dan UKM terus berkembang, memiliki kemandirian sebagai seorang usaha. Tidak hanya kuantitasnya, tapi kualitasnya,” terangnya.

Penghargaan Natamukti diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta membangun ekosistem di daerah. Sedangkan Natamukti Nindya ialah penghargaan tertinggi kepada daerah.

Setidaknya ada 39 kepala daerah kabupaten kota se-Indonesia hadir dalam acara itu. Diikuti 20 produk UKM yang telah dikurasi oleh ICSB sebelumnya.  Bagi pemenang yang memiliki kualitas baik, mendapatkan penghargaan. Coklat Coco dan Batik Setu serta Sagon yang semuanya binaan Koperasi dan UKM Kota Tangsel masuk produk bagus.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, AAGN Puspayoga menyatakan, pemberian penghargaan yang dirangkaikan dengan Gebyar UKM Tahun 2018 sangat strategis untuk kewirausahaan. Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat tertinggi di dunia. Jika india 9 persen, maka Indonesia 5 persen atau kedua setelah China.

Dia menekankan meningkatknya pertumbuhan ekonomi ini harus dikejar dengan kesejahteraan masyarakat. “Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi harus ada pemerataan kesejahteraan,” katanya.

Sementara itu, Presiden ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya menjelaskan, ICSB organisasi nirlaba Internasional yang memiliki harapan dapat mendukung perkembangan dunia usaha dari kecil hingga menengah di seluruh penjuru dunia.

Menurutnya, pemerintah daerah memiliki peran yang cukup andil dalam mendukung majunya UKM sebagai kekuatan perekonomian lokal. Saat ini keberadaan UKM di Indonesia maju begitu pesat, sehingga kemudian lembaga internasional pun mendorong agar terus tumbuh.

“ICSB Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menginisiasikan sebuah penghargaan Piala Natamukti, sebagai apresiasi kepada kota dan kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing,” tambahnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Dahlia Nadeak juga menerima penghargaan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendukung keberadaan UKM  sebagai basis perekonomian yang kokoh.

“Tangsel menerima tiga penghargaan, Ibu Walikota dua penghargaan dan Kami Dinas Koperasi dan UKM memperoleh satu penghargaan sebagai OPD yang konsen kepada para UKM,” ucap Dahlia.

Ia mengucapkan terima kasih atas penghargaanya. Dengan penghargaan ini turut memotivasi agar dalam membina para UKM tidak pudar, apalagi menurun. UKM harus terus didorong supaya berkemajuan dan lebih pesat sampai kancah internasional. Sejauh ini produk-produk UKM Tangsel kualitasnya tidak diragukan lagi. (din)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!