Pemkot Gagas Semua Fasilitas tersedia di Atas Lahan Seluas 20 Ha


Mall Pemakaman Segera Hadir

Diterbitkan  Kamis, 15 / 11 / 2018 22:39 - Berita Ini Sudah :  285 Dilihat

CIPUTAT- Pemakaman merupakan bagian kebutuhan penting masyarakat. Oleh karenanya, diperlukan keberadaan pemakaman layak dan terbaik. Pemkot Tangerang Selatan saat menggagas pemakaman terpadu. Bahkan konsepnya, menjadi keterpaduan semua kebutuhan makam yakni baik tempat memandikan jenazah, tukang kembang, hingga tempat ibadah semua agama tersedia.

Pemkot melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Tangsel mengemas pemakaman terpadu tersebut dengan gagasan “Mall Pemakaman”.

Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Tangsel Mukodas Syuhada menjelaskan dalam Focus Group Discussion (FGD)di Lantai 4 Balaikota Tangsel, Ciputat, Kamis (15/11), untuk memenuhi kebutuhan layak hidup masyarakat perlu dirancang kebutuhan pemakaman yang baik. Dengan jangka sekitar 50 tahun ke depan.

“Melalui FGD ini sebagai langkah awal dalam menetapkan mall pemakaman. Di mana semua kebutuhan baik pemandian, tempat ibadah, kaki lima semua ada. Hal yang lebih penting akan dibuat satu makam ada tujuh tingkat, sehingga bisa untuk satu keluarga,” katanya.

Latar belakang ini seiring dengan banyaknya penduduk Tangsel dan di sisi lain sempitnya lahan menjadi hambatan tersendiri saat hendak memakamkan jenazah. Oleh karenanya, digagas model mall pemakaman di atas lahan 20 hektar di Sari Mulya Kecamatan Setu yang sekarang baru sekitar 7 hektar dibebaskan lahannya.

“Lahan semakin sempit sementara kebutuhan makam selalu berlanjut tanpa pernah putus. Caranya dengan seperti ini, satu makam untuk satu keluarga,” tambahnya.

Di atas lahan 20 hektar dibagi menjadi beberapa kavling seperti muslim, Kristen, dan lain-lain. Lahan itu diperoleh dari kewajiban 2 persen pengembang secara terakumulasi. Juga disiapkan kavling untuk jenazah mister x yang tidak memiliki identitas meninggal di Tangsel.”Semua dibagi per blok tanpa akan tercampur sesuai agama yang ada dalam undang-undang,” imbuhnya.

Melalui pemakaman berpola layaknya mall, maka masyarakat tak lagi repot jika ada keluarga meninggal tidak perlu di bawa ke rumah, langsung di bawa ke Sari Mulya. Petugas memandikan jenazah, dan lain-lain telah disiapkan.

“Arus kendaraan semakin padat, belum lagi masyarakat saat mengiring jenazah dalam jumlah banyak seperti konvoi, sehingga kerap menimbulkan kemacetan. Atau rumah duka di gang-gang sempit. Maka dengan cara langsung di bawa ke makam mempermudah dan mempercepat proses,” jelas ia.

Hadir ketua Komisi IV DPRD Kota Tangsel Sukarya menekankan, mau tidak mau berdasarkan RTRW Kecamatan Setu menjadi tempat pemakaman. Sari Mulya menjadi mall pemakaman yang saat ini tengah didiskusikan.

“Sejalan visi misi sesuai RPJMD mendekatkan inovasi, sehingga membuat makam sampai 7 lapis/lantai. Meski saat ini ada 133 TPU wakaf, 7 TPU Tangsel namun harus menyiapkan lahan lebih luas,” jelasnya.

Kepala Kemenag Kota Tangsel Abdul Rojak menegaskan, ada dua hal dari sudut pandang Islam. Pertama hukum Islam ada fleksibilitas seiring dengan perkembangan zaman. Terpenting bagi keluraga yang hidup harus mengurus. Jika membiarkan jenazah tidak diurus hukumnya haram.

Hukum pemakaman muslim dan non musim satu areal, tidak diperbolehkan dan haram hukumnya. Pemakaman muslim dan non muslim harus ada batas-batas itu yang diperbolehkan.

“Sementara bagaimana menyatukan dua mayat dalam satu lubang di satu lahat. Jika demikian hukumnya haram. Namun bagaimana jika satu kuburan, tapi liang lahatnya berbeda. Pendapat ulama diperbolehkan asalkan tidak tercium bau ketika mau memasukan jasad yang kedua,” tukasnya.

Gagasan ini, berawal saat Mukodas tengah mengikuti diklat Kemenpan RB yang akan dilombakan melibatkan seluruh Indonesia. Terobosan ini seriing berjalannya program berdasarkan RPJMD pengembangan Sari Mulya yang ditargetkan pada 2021 bakal siap ditempati.(din)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!