Tol Serpong-Cinere Bakal Diperlebar

Diterbitkan  Kamis, 15 / 11 / 2018 22:39 - Berita Ini Sudah :  318 Dilihat

CIPUTAT– Penyelesaian proyek jalan Tol Serpong-Cinere (Sercin) masih butuh proses panjang. Pasalnya proyek yang ditargetkan selesai pada April 2019 itu, masih membutuhkan beberapa bidang lahan lagi.

Bidang tanah itu nantinya akan digunakan untuk penambahan Right Of Way (ROW). ROW digunakan seperti untuk jalan akses warga dan juga pelebaran tepi tol di titik-titik tertentu.

Ketua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Sercin, Budi Cahyono, saat ditemui di Kantor Kelurahan Serua, Ciputat, mengatakan, luas bidang lahan yang dibutuhkan untuk jalan dengan lebar kurang lebih antara 1 sampai 3,5 meter dengan total sekitar 8,6 hektar.

“Penambahan ROW untuk akses jalan ke warga baik itu frontage, overpass, maupun underpass yang bertujuan untuk memberikan akses jalan ke warga terdampak di beberapa titik dari 9 kelurahan yang terdampak itu,” ujarnya.

Selain itu, kata Budi, penambahan ROW ini juga untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di pintu masuk keluar tol daerah R.E Martadina, Ciputat. Sehingga, panambahan bidang jalan tersebut dinilai sangat penting.

“Ada beberapa titik di 9 kelurahan yang ada di Tangsel, yakni Jombang, Serua, Serua Indah, Bambu Apus, Pamulang Barat, Pamulang Timur, Ciputat, Cipayung dan Pondok Cabe Udik yang akan terkena,” paparnya.

Sementara, menurutnya, bidang-bidang terkena tersebut masih belum teridentifikasi lantaran masih harus melalui tahapan pembebasan panjang. Saat ini pun masih teus dilakukan pendataan lebih lanjut untuk pembebasan lahan kedepannya.

“Garis besarnya seperti proses pengukuran, inventarisasi dan identifikasi, apprasial dan validasi. Kemudian baru dikerjakan. Jadi dalam pembahasan penambahan untuk ROW ini memang dibutuhkan proses lagi,” lanjutnya.

Dia juga berharap, dalam proses pembebasan lahan pun nantinya tidak ada hambatan dan bisa berjalan dengan baik. Hal ini agar proyek tersebut sesuai dengan ditargetkan.

“Semoga saja tidak ada hambatan, dan semuanya bisa berjalan dengan baik. Dalam waktu dekat akan segera kita sosialisasikan,” pungkasya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!