Kapolres Pakai Ulos di Pesta Budaya Batak

Diterbitkan  Minggu, 18 / 11 / 2018 20:41 - Berita Ini Sudah :  360 Dilihat

 

PAMULANG-Lapangan Kecamatan Pamulang terlihat ramai, kemarin malam. Makanan khas Batak berjejer. Begitu juga pakaian suku dari Sumatera itu. Di lapangan tersebut sedang berlangsung pesta.

Kegiatan tersebut digelar Perkumpulan Masyarakat Batak (PMB) Kota Tangsel. Beberapa Puak atau suku yang ada di masyarakat Batak ikut hadir. Seperti Puak Toba, Puak Karo, Puak Simalungun, Puak Pakpak-Dairi, dan Puak Angkola-Mandailing. Mereka berasal dari tujuh kecamatan di Kota Tangsel.

Unsur Muspida seperti, Pemkot, kepolisian dan TNI serta DPRD juga ikut menghadiri Pesta Budaya Batak ini. Tarian dari lima Puak bergantian disajikan kepada masyarakat Batak dan tamu undangan yang hadir.

Ketika Walikota Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Benyamin Davnie, Dandim 0506 Tangerang Letkol Inf Faisol Izuddin dan Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan tiba, langsung  disambut tarian Tortor khas suku yang berasal dari pulau Sumatera itu.

Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan yang bermarga Saragih dan merupakan pembina Perkumpulan Masyarakat Batak (PMB) mengatakan, dirinya bangga menjadi orang Batak di perantauan.

“Pesta budaya ini untuk menggali nilai-nilai luhur budaya Batak yang mungkin selama ini sudah banyak kita lupakan,” ujar Ferdy yang mengenakan ulos kebanggannya.

Sedangkan Ketua PMB, Ucok Siagian mengingatkan agar acara ini bukanlah menjadi pemecah masyarakat, melainkan menjadi pemersatu antar suku sesama masyarakat di Tangsel.

“Jadi primordial ini bukan jadi pemecah, ego, tetapi menjadi pemersatu. Lima Puak ini harus berkontribusi untuk pembangunan Kota Tangsel,” harap Ucok.

Sementara, Airin Rachmi Diany menyebut keberagaman suku, budaya, adat istiadat, dan agama adalah yang membentuk kota Tangsel. “Inilah Tangsel, this is Tangsel, dengan segala kelebihan kekurangannya, Insya Allah 26 November ini merupakan usia yang ke-10 tahun dengan keanekaragamannya, keberagaman, kebudayaan, adat istiadat, dan juga suku serta agama. Inilah yang membuat kita kuat,” ujarnya.(dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!