Warga Serbu Pelayanan Kartu Identitas Anak

Diterbitkan  Minggu, 18 / 11 / 2018 22:25 - Berita Ini Sudah :  408 Dilihat

PEMBUATAN KIA: Sejumlah warga terlihat mengantre saat pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor Kecamatan Setu, Minggu (18/11). Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) yang di khususkan warga Setu tersebut sebagai rangkaian acara menyambut hari jadi Kota Tangerang Selatan.

PONDOK AREN– Ribuan warga baik di Kecamatan Pondok Aren maupun Kecamatan Setu menyerbu pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA). Pelayanan yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam rangkaian HUT ke-10 Kota Tangsel tersebut disambut antusias warga.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, menjelaskan, rangkain pelayanan KIA ini merupakan bagian dari HUT ke-10 Kota Tangsel bertempat di Kecamatan Pondok Aren dan Kecamatan Setu.

Pelaksanaan di Kecamatan Pondok Aren berlangsung dari Jumat (16/11) hingga Minggu (18/11). Sedangkan di Kecamatan Setu berlangsung sehari yakni Minggu (18/11). Antusias warga sangat tinggi. Hal ini terlihat dari antrian warga di masing-masing Kantor Kecamatan.

“Saya tidak menyangka, KIA itu kan produk baru. Namun antusias warga agar anaknya memiliki KIA cukup tinggi,” katanya.

Dedi mengatakan, untuk di Pondok Aren saja pelayanan hari pertama sebanyak 420 warga yang datang. Pada hari kedua sebanyak 590 warga dan hari terakhir sebanyak 675 warga. Untuk di Kecamatan Setu sebanyak 700 warga yang datang.

“Ini terlihat kepedulian warga akan kepemilikan dokumen kependudukan sudah baik,” ujarnya.

Dedi Budiawan, mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang datang untuk membuat KIA. “Kita akan buka pelayanan sampai malam hari, ini dilihat dari membludaknya warga yang datang untuk membuat KIA,” ujarnya.

Dedi mengungkapkan berbagai manfaat kepemilikan KIA untuk anak. Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak memiliki KIA. Misalnya ketika anak mengalami kejadian di jalan ketika sedang tidak bersama anggota keluarga, akan mudah untuk ditelusuri asalnya. “Kalau misalnya ada musibah yang menimpa anak, seperti hilang atau kecelakaan, bisa dicek melalui identitas yang dimilikinya, karena alamat yang tercantum itu bukan alamat sekolah, tapi alamat rumah. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal buruk menimpa anak-anak kita semua,” ujarnya.

Selain itu, diskon diberbagai restoran dan toko buku. “Dengan menunjukan KIA kita bisa mendapatkan diskon,”ungkapnya

Sekretaris Kecamatan Setu, Saifudin, tidak menyangka dengan jumlah warga yang datang dalam pelayanan KIA ini. “Saya tidak menyangka bisa membludak seperti ini,”ungkapnya saat ditemui di Kecamatan Setu, Minggu (18/11).

Sebelum diselenggarakan kegiatan tersebut, dirinya sudah memberitahukan kepada masing-masing kelurahan bahwa di hari Minggu selain ada kegiatan lomba dan gerak jalan sehat, di Kecamatan Setu bekerjasama dengan Disdukcapil membuka pelayanan KIA. “Wow 700 warga datang untuk membuat KIA untuk anak mereka, luar biasa, antuasias mereka begitu tinggi, kepedulian mereka akan kepemilikan dokumen kependudukan pun tinggi. Ini terlihat dari membludaknya pelayanan KIA di Setu,” jelasnya. (irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!