PT PITS Jalin Kerjasama PT Tirta Tangsel Mandiri


Air Kali Angke Siap Diminum

Diterbitkan  Selasa, 20 / 11 / 2018 22:02 - Berita Ini Sudah :  1827 Dilihat

SETU– Air Kali Angke akan dikonsumsi warga. Hal itu ditunjukkan dengan upaya PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PT PITS) melakukan perjanjian kerjasama dengan PT. Tirta Tangsel Mandiri, Senin (19/11). Kerjasama tersebut akan memanfaatkan sumber Kali Angke di dekat SPBU Parakan Pamulang II.

Direktur Utama PT PITS, Dudung E Diredja mengungkapkan, pihaknya telah melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara PT. PITS dengan PT. Tirta Tangsel Mandiri. PT. Tirta Tangsel Mandiri (TTM) sendiri merupakan Badan Usaha Pengelola yang dibentuk oleh pemenang tender yaitu PP Infrastucture.

“TTM merupakan pelaksana Pembangunan SPAM dengan kapasitas 220 liter/detik dengan memanfaat sumber air baku dari Kali Angke,” kata mentan Sekda Kota Tangsel itu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pendandatanganan pernjanjian dilaksanakan di kantor PT PITS Ruko Boulevard Tekno Setu. Bahwa seluruh anggaran investasi sebesar kurang lebih sekitar Rp 340 miliar disiapkan oleh TTM, antara lain untuk membiayai pembebasan lahan seluas kurang lebih 6000 meter persegi.  Serta meliputi pembangunan bendungan, intake, jaringan distribusi utama, dan jaringan retikulasi.

“Pengembalian investasi oleh PT. PITS dilakukan secara diangsur selama 20 tahun untuk mengembalian tanah. Dan 30 tahun untuk pengembalian investasi bendung, intake, jaringan distribusi utama dan jaringan retrikulasi,” tambah Dudung.

Pengembalian angsuran dilakukan dengan model “take and pay”, bahwa PT. PITS mengangsur cicilan bedasarkan air curah terpakai dan terjual kepada konsumen. Proyek ini dilaksanakan secara bertahap, dengan target terlayaninya sekitar 35.000 sambungan rumah. Target layanan tersebut diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun. “Tahun 2019 ditargetkan sekitar 5.500 sambungan rumah,” tukasnya.

Proyek kerjasama ini, merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Kota Tangsel mandiri air minum yang sekaligus menjawab targetan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tangsel terkait layanan air minum.

“Insyaallah peresmian dimulainya proyek ini akan dilaksanakan pada hari Jumat 23 November 2018, yang akan di hadiri Menteri PUPR, Walikota Ibu Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Bapak Benyamin Davnie, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, serta kepala Organisasi Perangkat Daerah, tokoh masyarakat dan undangan lainnya,” papar ia.

Kegiatan ini merupakan “mail stone” tonggak sejarah bagi masyarakat Tangsel untuk hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi air Pam sesuai deng thema “water for living” Tangsel Memang Unggul.

Direktur Operasional PT PITS, Sugeng Santoso menjelaskan, kerjasama dalam perjanjian ini dilakukan dengan menggunakan skema Business to Business (B to B) antara PT. Tirta Tangsel Mandiri dengan PT. Pembangunan investasi Tangerang selatan (BUMD). Dengan Proyek Kerjasama akan dilaksanakan melalui Bangun Guna Serah (BOT) pada daerah Bisnis Hulu (unit Produksi) dan Bangun Sewa Alih (BLT) untuk Jaringan Distribusi. “Untuk 200 liter per detik (lps) di sumber air baku Kali Angke Parakan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangsel,” jelas Sugeng. (din)

 

>>ADA DATA GRAFIS

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!