Indah Kiat Terima Penghargaan Zero Accident

Diterbitkan  Minggu, 25 / 11 / 2018 23:06 - Berita Ini Sudah :  306 Dilihat

SERPONG-PT Indah Kiat Plup and Paper (PT IKPP) Tangerang Mill memperoleh penghargaan Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) atau yang sering dikenal zero accident. Penghargaan diberikan oleh Wakil Walikota Benyamin Davnie melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel saat berjalannya bursa kerja di Serpong.

Head of Suistability  PT IKPP Tangerang Mill, Kholisul Fatikhin menilai penghargaan tersebut bukti peran pemerintah memperhatikan perusahaan. Sedangkan bagi perusahaan sangat menguntungkan.

“Kita sangat semangat mendapatkan penghargaan untuk memotivasi karyawan agar selalu mengutamakan keselamatan kerja. Motivasi utama dari dalam bagaimanapun juga kita datang dan pulang kerja harus selamat. Yang menjaga sefety adanya diri sendiri,” katanya.

Selain bermanfaat untuk perusahaan, karyawannya lebih peduli terhadap keselamatan kerja dan juga mendorong supaya perusahaan lainnya pun mengikuti hal sama. Dengan lebih berhati-hati dan selalu mengedepankan keselamatan dengan menggunakan aturan standar.

“Dengan penghargaan dapat memotivasi perusahaan lain untuk meningkatkan sefety. Penghargaan ini bagian dari pelopor untuk mengingatkan keselamatan bagi para pekerja,” tambahnya.

Manajer Occupational Health and Safety (OHS) PT IKPP Irmawan Afghani menyampaikan, menerapkan prosedur keselamatan kerja sebanyak 32 prosedur dan 47 instruksi kerja sesuai dengan standar internasional. “Prosedurnya sudah memiliki standar apa yang harus dilakukan bagi karyawan perusahaan saat melakukan aktivitas di lingkungan kerja,” katanya.

Pemerintah melalui Disnaker Kota Tangsel memiliki parameter dalam menunjuk perusahaan memperoleh penghargaan atau tidak, dihitung sepanjang tahun oleh perusahaan dengan catatan mencapai 1,3 juta jam kerja aman.

“Cara menghitungnya jika ada salah satu karyawan terkena cidera yang membuat karyawan tersebut tidak bisa masuk kerja selama dua kali dua puluh empat jam. Jadi misalnya jika ada yang kegores tangannya, tapi tetap masuk kerja itu tidak dihitung,”jelasnya.

Tahun ini penghargaan K3 merupakan yang ketiga kalinya. Di awal tahun 2018 menerima penghargaan dari Kemenaker, dipertengahan tahun mendapat penghargaan yang sama dari Pemprov Banten dan di November ini dari Disnaker Tangsel.

Kepala Disnaker Kota Tangsel Purnama Wijaya menyempaikan, penghargaan diberikan kepada perusahaan yang telah peduli dan konsen terhadap keselamatan kerja. Hal utama adalah keselamatan, jika tidak diterapkan secara ketat aturan di lingkungan perusahaan terkadang karyawan tidak mematuhi dan abai.

“Bentuk kepedulian kami terhadap perusahaan yang sudah menerapkan aturan keselamatan kerja. Tentu atas penghargaan yang diterima dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain agar sungguh-sungguh menerapkan keselamatan kerja,” katanya. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!